alexametrics

Dukung Perdagangan dan Industri, Bea Cukai Jember Diresmikan

loading...
Dukung Perdagangan dan Industri, Bea Cukai Jember Diresmikan
Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi hari ini meresmikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Jember. Foto/Puguh Hariyanto
A+ A-
JEMBER - Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Heru Pambudi hari ini meresmikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Jember. Keberadaan KPPBC Jember ini diyakini akan memperkuat pengawasan dan pelayanan di Jawa Timur.Heru menyebutkan, sebelumnya KPPBC berada di Panarukan. KPPBC Jember membawahi wilayah Jember, Situbondo, dan Bondowoso. Dulu KPPBC Panarukan melingkupi area antarpulau dan fokus pada pendapatan. Saat ini, peran Bea dan Cukai dibalik untuk mendukung perdagangan dan perindustrian.
Dengan tumbuhnya perdagangan dan perindustrian, kata dia, perekonomian diyakini akan semakin baik. Pemasukan negara dari perdagangan dan perindustrian pun akan semakin besar. KPPBC Jember ini juga diharapkan mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal.
"Ibarat pohon, jika buahnya kita petik terus suatu saat pohon tersebut tidak akan berbuah lagi. Lebih baik kita tanam banyak pohon agar buahnya bisa terus menerus kita petik," jelas Heru di sela peresmian KPPBC Jember, Jumat (23/11/2018).
Peran pendukung perdagangan dan perindustrian inilah yang menjadi alasan Jember sebagai lokasi pemindahan kantor Bea dan Cukai. Jember memiliki 11 pabrik rokok dan dua kawasan berikat. "Kegiatan ekonomi banyak dan tinggi di Jember," ujar Heru.

Kini, kata dia, para pengusaha bisa mengurus izin dengan lebih mudah karena lebih dekat, tidak lagi harus ke Panarukan. "Pemindahan kantor ini upaya kami mendekatkan diri dengan klien. Kini pelaku usaha bisa bayar cukai lebih dekat," tuturnya.

Bea Cukai juga terus melindungi dan memberantas peredaran barang ilegal. Tujuannya, selain meningkatkan pendapatan negara, juga melindungi pengusaha yang tertib membayar cukai.



"Juga agar pengusaha yang memproduksi barang ilegal takut. Nantinya mereka kita bimbing agar tertib hukum sehingga pendapatan negara bisa meningkat," tandasnya.

Kepala KPPBC Jember Tubagus Firman Hermansyah berharap pihaknya bisa memberikan nilai lebih bagi Jember. "Mudah-mudahan sinergi dengan Pemkab Jember bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Bupati Jember Faida menyambut baik hadirnya kantor Bea Cukai di wilayah yang dipimpinnya. Menurutnya, suatu wilayah akan maju jika pemerintah mau bekerja, swasta berinvestasi, dan masyarakat mendukung.

Hadirnya kantor Bea Cukai diharapkan menjadi stimulus para pengusaha berinvestasi di Jember. "Bea Cukai kan memiliki jaringan yang sangat kuat. Semoga bisa membantu dunia usaha di sini berkembang pesat," katanya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak