Wabah Larva Lalat Pemakan Daging dan Picu Keadaan Darurat di Kosta Rika

Selasa, 09 April 2024 - 23:09 WIB
loading...
Wabah Larva Lalat Pemakan Daging dan Picu Keadaan Darurat di Kosta Rika
Larva Lalat Pemakan Daging. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
SAN JOSE - Kosta Rika telah mengumumkan keadaan darurat nasional pada tanggal 7 Februari 2024 akibat wabah larva lalat pemakan daging dan menggali yang dikenal sebagai New World Screwworm (NWS).

BACA JUGA - Bakteri Pemakan Daging Gemparkan AS, Kasus Infeksi Meningkat Pesat

Seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (9/4/2024), Wabah ini telah berlangsung selama hampir tujuh bulan dan populasi serangga pemakan daging ini terus meningkat.

Lalat NWS (Cochliomyia hominivorax) berasal dari Amerika Utara dan Selatan. Lalat ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada ternak, hewan peliharaan, dan bahkan manusia. Lalat ini bertelur di dalam luka terbuka mamalia (dan terkadang burung). Setelah menetas, larva menggali jauh ke dalam jaringan hidup, menyebabkan infeksi yang menyakitkan, kehilangan jaringan, dan bahkan kematian.

Meskipun upaya pengendalian telah dilakukan, jumlah NWS di Kosta Rika terus meningkat. Pada bulan Maret 2024, kasus pertama infeksi NWS pada manusia dilaporkan. Ini merupakan kasus pertama di negara ini.

Meskipun demikian, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah berhasil memberantas NWS di Amerika Utara pada tahun 1960an. Diharapkan melalui upaya gabungan pemerintah Kosta Rika dan USDA, populasi NWS di Kosta Rika dapat "dicegah, dikendalikan, dan diberantas".
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)