alexametrics

Ketegangan Perdagangan Angkat USD ke Level Tertinggi 2 Minggu

loading...
Ketegangan Perdagangan Angkat USD ke Level Tertinggi 2 Minggu
Konflik dagang kembali mengangkat dolar Amerika Serikat. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Dolar Amerika Serikat (USD) kembali naik ke level tertinggi dalam hampir 2 minggu terhadap enam saingan utamanya. Melansir dari Reuters, Rabu (28/11/2018), USD menguat usai Presiden AS Donald Trump mengatakan siap menaikkan tarif barang impor China dari semula 10% menjadi 25% pada tahun depan. Hal ini demi melindungi industri AS.

Sikap Trump memicu kekhawatiran akan masih berlanjutnya ketegangan perdagangan dunia. Apalagi, Trump mengatakan kesepakatan Inggris dengan Uni Eropa soal Brexit bisa membuat perdagangan AS dengan Inggris menjadi lebih sulit. Pernyataan Trump tersebut langsung membuat poundsterling jatuh ke titik terlemah.

Kecemasan soal konflik perdagangan yang terus meningkat antara dua negara ekonomi utama dunia, serta masih belum selesainya Brexit, membuat pertumbuhan ekonomi global ditaksir melambat. Ditengah ketidakpastian global, investor kembali memilih USD sebagai aset safe haven.



Indeks USD yang mengukur nilai dolar AS terhadap enam mata uang utama, naik 0,32% menjadi 97,39, level tertinggi dalam hampir 2 minggu. Euro lantas merosot ke level USD1,1288, namun yen Jepang stabil di level 113,77 per USD.

Selain eskalasi konflik dagang, USD menguat juga karena data lindung nilai AS bertambah ke posisi USD1,28 miliar hingga pekan yang berakhir 26 November. Mata uang George Washington ini diperkirakan mendapat energi seiring rilis notulen pertemuan The Fed pada 7-8 November lalu, yang akan diumumkan Kamis besok. Hal tersebut akan menjadi petunjuk tentang berapa kali lagi The Fed menaikkan suku bunga.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak