alexametrics

Gaikindo Ingatkan Penggunaan BBM Harus Sesuai Aturan

loading...
Gaikindo Ingatkan Penggunaan BBM Harus Sesuai Aturan
Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengeluarkan peringatan kepada konsumen kendaraan agar mematuhi anjuran penggunaan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini terkait dengan aturan emisi dari pemerintah dan garansi produk kendaraan.

"Setahu kami aturannya memang seharusnya demikian. Kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar, maka di luar garansi," ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi dilansir dari situs resmi Gaikindo, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, mobil keluaran terbaru wajib mempergunakan BBM berkualitas dengan spesifikasi minimal Research Octane Number (RON) 92. "Kami mensyaratkan agar mobil memakai BBM berkualitas. Dan itu tertera pada buku manual ketika membeli mobil," katanya.

Kenapa mobil harus menggunakan BBM berkualitas? Yohannes menjelaskan karena mesinnya sudah didesain untuk BBM berstandar internasional. Desain mesin dibuat mengacu pada peraturan pemerintah, yaitu terkait standar emisi. Contohnya, tiap mobil berbahan bensin harus sesuai dengan standar emisi Euro-4.

Regulasi itu berlaku sejak Oktober 2018. Artinya, semua mobil yang diproduksi pabrik ataupun distributor mobil anggota Gaikindo sudah disesuaikan dengan aturan tersebut. "Bila diisi BBM sesuai standar Euro 4, maka emisi yang dibuang pun akan sesuai standar Euro 4," katanya.

Dia menyebutkan dengan menggunakan BBM berkualitas, gas buang masih di bawah batas membahayakan bagi lingkungan dan kesehatan manusia. "Dan tentu saja, BBM berkualitas berpengaruh positif pada mobil. Mesin juga lebih awet," katanya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak