Pertemuan G20 Bisa Bikin Rupiah Menguat ke Level Rp13.000

Jum'at, 30 November 2018 - 18:00 WIB
Pertemuan G20 Bisa Bikin Rupiah Menguat ke Level Rp13.000
Pertemuan G20 Bisa Bikin Rupiah Menguat ke Level Rp13.000
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada Jumat ini ditutup menguat di level Rp14.301 per USD. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menerangkan pertemuan G20 di Argentina berdampak positif bagi ekonomi Indonesia sehingga membantu menguatkan rupiah.

Bahkan, Darmin optimistis, dampak pertemuan ini akan membuat rupiah semakin berotot dengan menembus level Rp13.000-an per USD.

"Memang keadaan sekarang, rupiah masih suka naik turun tapi tidak seperti pertengahan tahun. Andai, Trump ketemu Xi meski tidak hebat-hebat benar (pertemuan tersebut) tetapi memberi perbedaan. Kita bisa punya ruang untuk penguatan rupiah, bahkan bisa tembus ke arah Rp13.000," ujar Darmin di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Sambung mantan Gubernur Bank Indonesia ini, bila Presiden AS Donald Trump tidak jadi bertemu dengan Presiden RRC Xi Jinping pun, rupiah bisa tetap perkasa. Dalil dia, pemerintah masih punya ruang untuk melakukan penguatan.

"Kita masih punya ruang untuk itu (melakukan penguatan). Dengan catatan tidak ada kejadian aneh-aneh. Dan kelihatannya, The Fed arahnya tidak menaikkan suku bunga pada Desember," kata Darmin.

Seiring dengan pertemuan KTT G20, Darmin menerangkan Pemerintah Indonesia akan memanfaatkan momentum tersebut. Yaitu meningkatkan arus modal ke Indonesia dan meningkatkan investasi untuk mendorong ekonomi nasional.

"Jadi, tinggal kita sebenarnya menggunakan momentum ini untuk memperkuat. Modal asing mulai masuk dan akan lebih besar lagi masuknya sehingga transaksi modal dan finansial bisa mengimbangi defisit transaksi berjalan. Kita juga akan menjaga fundamental ekonomi. Kedepan, kita harus fokus mengecilkan defisit transaksi berjalan," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3185 seconds (0.1#10.140)