6 Tips Tetap Bugar Pascalibur Lebaran, Gunakan Cara Cerdik

Senin, 15 April 2024 - 06:00 WIB
loading...
6 Tips Tetap Bugar Pascalibur Lebaran, Gunakan Cara Cerdik
Banyak orang malas dan masih lemas usai mudik. Ada cara mudah mengatasi hal ini. Foto/ getty
A A A
JAKARTA - Libur Lebaran segera berakhir dalam beberapa hari lagi. Masyarakat pun akan kembali beraktivitas dan menjalani rutinitas seperti biasa.

Namun, tidak sedikit di antara mereka yang masih lemas dan malas untuk menjalani aktivitas usai melakukan perjalanan mudik. Mengatasi hal ini, tidak ada salahnya jika Anda melakukan beberapa cara agar tubuh tetap bugar dan produktif pascalibur Lebaran .



Berikut beberapa tips CEDRIK sehat agar bisa kembali bugar dan produktif, dilansir dari keterangan Praktisi Kesehatan, dr. Ngabila Salama.

Tips Bugar Pascalibur Lebaran

1. C: cek kesehatan rutin
Pastikan kondisi tubuh sehat. Beberapa diantaranya yakni memastikan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, lemak, dan asam urat dalam kondisi normal.

“Sebaiknya memeriksa tekanan darah < 140/90 (normal) juga kadar gula darah, kolesterol, lemak, asam urat dalam kondisi normal,” ujar dr Ngabila.

“Pada penderita DM kadar HbA1c < 6,5 %. Jika kadarnya 5,7–6,4 % periksakan per 6 bulan karena masuk pradiabetes. Periksa kondisi secara geatis ke puskesmas terdekat atau klinik kantor masing-masing,” ucap dia lagi.

2. E: enyahkan asap rokok
Tips selanjutnya adalah hindari asap rokok. Pasalnya, paparan asap rokok bisa menurunkan imunitas tubuh pascalibur lebaran, sehingga memiliki risiko berbagai penyakit, mulai dari batuk, pilek, hingga sesak napas.

“Tetap jangan menjadi perokok aktif atau pasif ya! Karena akan menurunkan imunitas sehingga lebih mudah terkena batuk, pilek, sesak nafas,” kata dr Ngabila.

3. R: rajin aktivitas fisik
Pascalibur lebaran, Anda memang cenderung akan merasa sangat lelah. Apalagi, bagi yang melakukan perjalanan mudik jauh hingga berjam-jam.

Namun, bukan berarti Anda menjadi malas beraktivitas fisik. Justru, Anda tetap harus bergerak agar tubuh tetap bugar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)