alexametrics

Tol Ciawi-Sukabumi Tersambung ke Cianjur-Bandung pada 2020

loading...
Tol Ciawi-Sukabumi Tersambung ke Cianjur-Bandung pada 2020
Presiden Jokowi meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi, di Gerbang Tol Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/18). Foto/Ist
A+ A-
CIAWI - Diresmikannya pengoperasian Tol Ciawi-Sukabumi diharapkan bisa mendongkrak ekonomi dan pariwisata yang ada di Sukabumi. Seperti diketahui wilayah tersebut memiliki potensi wisata alam yang indah.

"Pemandangannya indah, cantik. Itu mungkin yang menyebabkan ini molor-molor pemandangannya bagus tadi. Kita harapkan dengan keindahan itu nanti pariwisata dan ekonomi yang ada di Sukabumi itu betul-betul terbuka dan berkembang. Sukabumi itu punya semua, punya potensi semuanya. Ada geopark, pantai, gunung. Ini kekeliruannya Bocimi enggak rampung-rampung. Kekeliruannya hanya itu saja. Ini yang kita selesaikan," kata Presiden Jokowi seusai meresmikan Tol Ciawi-Sukabumi, di Gerbang Tol Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/18).

Menurut Jokowi, ditargetkan secepatnya pada tahun 2020 jalan tol tersebut bisa terhubung hingga Cianjur dan Bandung. "Diteruskan ini. Begitu ini selesai nanti di 2020 terus ke Cianjur, terus ke Bandung. Langsung nanti ke timur lagi ke Cilacap, nanti ke timur lagi ke Yogya. Artinya yang selatan juga kita kerjakan," jelas Jokowi.



Presiden membantah terkait kendala pembebasan lahan yang menyebabkan molornya penyelesaian infrastruktur jalan tol pada sesi 2-4.

"Enggak enggak, bukan masalah. Lagi dalam perjalanan konstruksi itu pasti ada pembebasan lahan yang satu-dua, tapi enggak ada keluhan ke saya. Artinya baik-baik saja. Masih sesuai target di 2020 Insyaallah rampung," tandasnya.

Tak hanya jalan tol, Jokowi menargetkan jalur kereta api double track Sukabumi juga rampung pada 2020. "Saya sudah ngecek dua kali double track. Rampung Insyaallah nanti sama dengan ini 2020," tambahnya.

Sementara itu, untuk Bandara Sukabumi pengerjaannya akan dimulai tahun depan. "Bandara tahun depan dimulai juga. Lupa saya tadi ngomong. Bandara Sukabumi tahun depan sudah dimulai," kata Presiden.

Mengenai lokasinya, Jokowi kembali masih merahasiakannya. "Sudah, tapi enggak usah ditunjukin di sebelah mana. Nanti belum rampung 100% jadi enggak rampung. Tahun depan dimulai bandaranya," pungkasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak