alexametrics

Kemenperin Upayakan Pemenuhan SDM Industri Logistik

loading...
Kemenperin Upayakan Pemenuhan SDM Industri Logistik
Kemenperin mengupayakan pemenuhan SDM bidang logistik melalui redesain kurikulum di bidang industri logistik. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) siap menyuplai kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang siap kerja untuk industri logistik. Sektor logistik dinilai berperan penting menunjang peningkatan daya saing sektor manufaktur nasional.

"Untuk itu, melalui Politeknik APP Jakarta, kami segera melakukan redesain kurikulum di bidang industri logistik guna menghasilkan SDM yang kompeten sesuai kebutuhan di era industri 4.0," ungkap Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dalam keterangan tertulis, Minggu (2/12/2018).

Menurut dia, kurikulum yang diperlukan, seperti program terapan yang terkait dengan pemanfaatan teknologi terkini untuk mendukung efisiensi di sektor industri logistik.



Sementara itu, Direktur Politeknik APP Jakarta Ahmad Wimbo Helvianto menuturkan, Politeknik APP pada tahun ini mewisuda sebanyak 473 lulusan, meliputi 428 orang lulusan program regular (D3), 20 orang lulusan Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) dan 25 orang lulusan program D1. Lebih dari 54% lulusan telah diterima bekerja, dan sisanya dalam proses penyaluran ke berbagai industri.

"Tahun ini, kami meluluskan mahasiswa dari tiga program studi baru, yaitu Manajemen Logistik Industri, Elektronika, dan Perdagangan," ujarnya.

Di samping itu, Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama ( LSP P-1) Politeknik APP telah mensertifikasi empat skema kompetensi di bidang Manajemen Logistik, Manajemen Pemasaran dan Perdagangan Internasional sebanyak 189 orang. Mereka terdiri dari penyelia logistik bidang perencanaan produksi 41 orang, freight forwarder 54 orang dan tenaga pemasar operasional penjualan 56 orang, serta tenaga pemasar operasional layanan 38 orang.

Selama periode tahun 2018 Politeknik APP telah mendapatkan akreditasi ISO 9001 : 2015 dari The British Standards Institution (BSI).
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak