Inflasi Sentuh 0,27% Bikin Menko Darmin Optimistis

Senin, 03 Desember 2018 - 15:45 WIB
Inflasi Sentuh 0,27% Bikin Menko Darmin Optimistis
Inflasi Sentuh 0,27% Bikin Menko Darmin Optimistis
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengklaim perekonomian Indonesia mulai membaik, dimana salah satunya tercermin lewat raihan inflasi yang mencapai 0,27% di bulan November 2018. Lantaran hal itu, Ia menyakini pencapaian inflasi bisa sesuai target yang tercantum dalam APBN.

“Siang tadi angka November diumumkan BPS. Inflasi kita bisa di sekitar 3% (hingga akhir tahun) atau bisa kurang bisa sedikit,” ujar Menko Darmin di Hotel Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Senin (3/11/2018).

Sambung dia memaparkan, terjaganya angka inflasi tersebut karena pertumbuhan dan stabilitas perekonomian Indonesia terbilang kuat. Hal tersebut tercermin dari data sosial ekonomi, tingkat pengangguran, gini ratio dan pendekatan terhadap distribusi indeks pembangunan manusia secara konsisten membaik.

Di sisi lain, kata Darmin, saat ini pemerintah melakukan pendekatan yang berbeda untuk perbaikan ekonomi. Di antaranya dengan menggenjot infrastruktur, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), hingga permasalahan agraria. Langkah-langkah tersebut untuk meningkatkan kualitas Indoensia agar bisa keluar dari jebakan kelas menengah.

Selain itu, lanjutnya, seperti diketahui, saat ini tantangan bagi negara berkembang termasuk Indonesia adalah gejolak perekonomian global terutama ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Namun, mulai meredanya perang dagang tersebut memberikan sentimen positif ke Indonesia, tercermin dari nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang menguat. "Rupiah sebenarnya mulai menguat akhir Oktober lalu, kalau dibandingkan dengan negara lain, baik di ASEAN atau lainnya rupiah penguatannya tercepat," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3812 seconds (0.1#10.140)