Mercu Buana Gelar Festival Tingkatkan Kerjasama RI-Thailand

Selasa, 04 Desember 2018 - 06:05 WIB
Mercu Buana Gelar Festival Tingkatkan Kerjasama RI-Thailand
Mercu Buana Gelar Festival Tingkatkan Kerjasama RI-Thailand
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi dan tingginya tingkat komunikasi yang tanpa batas dan sekat telah membawa kemajuan luar biasa dalam hubungan antarnegara. Universitas Mercu Buana menggelar "Discovering Amazing Indonesia-Thailand" menjadi pintu masuk generasi milenial untuk mengetahui segala hal.

Kegiatan tersebut antara lain talk show, bazar makanan, aneka lomba kreatifitas seperti memasak makanan ala Thailand, lomba tari tradisional Indonesia dan Thailand, hingga Fashion Show yang menampilkan bagaimana gaya berbusana warga negara Indonsia dan warga negara Thailand.

Dari sektor ekonomi, nilai perdagangan Indonesia dengan Thailand di 2017 lalu naik 12%. Rinciannya di tahun 2016, nilai perdagangan kedua negara sebesar USD14 miliar dan tahun 2017 naik menjadi USD15,7 miliar. Thailand menjadi salah satu negara tujuan ekspor yang sangat potensial untuk digarap.

Sampai saat ini, setidaknya ada 128 perusahaan yang mengekspor barangnya ke Negeri Gajah Putih. Di bidang industri pariwisata, Thailand merupakan salah satu penyumbang terbanyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Dalam setahun terakhir, ada 35 juta warga Thailand yang berkunjung ke Indonesia.

Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Hadri Mulya, mengungkapkan melalui festival ini maka diharapkan dapat melestarikan, meningkatkan dan mengembangkan budaya serumpun di tengah zaman milenial yang serba modern. "Kegiatan ini bagian dari pengenalan tentang sejarah diri kita, dari mana kita berasal, dan mengapa kita memiliki persamaan-persamaan meski kita berbeda negara," ujar Hadri dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/12/2018).

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh peserta kegiatan. "Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama baik Thailand dan Indonesia," tutur Hadri.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5839 seconds (0.1#10.140)