Pemutihan Karang Jadi Ancaman Nyata bagi Masa Depan Laut

Selasa, 16 April 2024 - 11:47 WIB
loading...
Pemutihan Karang Jadi Ancaman Nyata bagi Masa Depan Laut
Terumbu Karang. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LONDON - Peristiwa pemutihan karang global keempat melanda lautan kita, menjadi pengingat yang mengerikan akan dampak perubahan iklim pada ekosistem lau t yang rapuh. Pemanasan laut yang memecahkan rekor memicu fenomena ini, menyebabkan karang memutih dan mati.



Seperti dilansir dari IFL Science, meskipun terumbu karang mampu pulih dari peristiwa pemutihan jika kondisinya membaik, paparan panas yang berkepanjangan dan parah dapat berakibat fatal.

Hal ini tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan lautan, tetapi juga bagi komunitas pesisir yang bergantung pada terumbu karang untuk mata pencaharian, ketahanan pangan, dan pariwisata.

Berita ini menjadi seruan untuk bertindak. Kita harus mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerangi perubahan iklim untuk mencegah pemutihan karang lebih lanjut dan melindungi keajaiban alam bawah laut ini untuk generasi mendatang.

Berikut beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membantu:

Kurangi emisi karbon: Beralih ke sumber energi terbarukan, gunakan transportasi umum atau kendaraan hemat bahan bakar, dan hemat energi di rumah.

Dukung praktik perikanan yang berkelanjutan: Pilih makanan laut yang bersertifikat berkelanjutan dan hindari produk dari praktik penangkapan ikan yang merusak.

Kurangi pencemaran laut: Hindari penggunaan plastik sekali pakai, buang sampah dengan benar, dan dukung upaya pembersihan laut.

Tingkatkan kesadaran: Sebarkan informasi tentang pemutihan karang dan pentingnya melindungi terumbu karang kepada orang lain.

Bersama-sama, kita dapat membuat perbedaan dan melindungi lautan kita untuk masa depan yang lebih cerah.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)