alexametrics

Proyek Reklamasi Didorong Perluas Bandara Soekarno-Hatta

loading...
Proyek Reklamasi Didorong Perluas Bandara Soekarno-Hatta
Proyek reklamasi dinilai memang sebaiknya dimanfaatkan untuk infrastruktur publik seperti perluasan Bandara Soetta dibandingkan untuk lahan permukiman komersil. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten didukung Anggota Komisi V DPR RI, Bambang Haryo Soekartono. Sebab, perluasan bandara di lahan reklamasi itu dianggapnya sebagai solusi tepat untuk meningkatkan angka perjalanan dan pelayanan pada masyarakat.

Politikus Partai Gerindra ini berpendapat, proyek reklamasi memang sebaiknya dimanfaatkan untuk infrastruktur publik seperti perluasan Bandara Soetta tersebut. Dibanding hanya memanfaatkannya untuk lahan permukiman komersil, dia menilai tepat jika penggunaan lahan reklamasi untuk pelayanan publik.

“Ini satu langkah luar biasa kalau kayak gini. Daripada pulau reklamsi jadi konsep perumahan, mending jadi fasilitas publik, infrastruktur publik (seperti bandara),” ujar Bambang saat dihubungi wartawan, Selasa (4/12/2018).



Kendati demikian, proyek itu diminta dikerjakan dengan kajian yang matang dan pengawasan ketat agar prosesnya memenuhi semua syarat. Legislator asal daerah pemilihan Jawa Timur I ini pun mendorong proyek reklamasi untuk perluasan Bandara Soetta juga diintegerasikan dengan kawasan industri.

“Harus dibuat juga kawasan industri yang mungkin terintegrasi dengan bandara tersebut. Fasilitas publik lainnya seperti terminal bus yang langsung teirntegrasi dengan bandara misalnya,” katanya.

Adapun perluasan Bandara Soetta di atas lahan reklamasi itu rencananya dimulai pada tahun 2020 nanti. Berdasarkan kajian Angkasa Pura II, diperlukan lahan seluas 2.000 hektare dan investasi Rp100 triliun untuk perluasan Bandara Soetta.

Perluasan bandara yang sudah beroperasi sejak 1985 itu dilakukan untuk meningkatkan daya tampung penumpang yang diprediksi mencapai 100 juta penumpang pada 2024, dari 63 juta penumpang pada 2017. Kajian masih terus dilakukan AP II untuk memastikan proyeknya berjalan, bermanfaat, dan memenuhi semua syarat.

Di samping itu, rencana perluasan Bandara Soetta juga didukung Komite Ekonomi dan Industri Nasional Republik Indonesia karena akan mendongkrak kunjungan pariwisata, ekonomi, dan menyerap tenaga kerja.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak