Efek Buruk Perang Iran-Israel, Warga RI Bisa Makin Susah Dihantam Harga Pangan

Selasa, 16 April 2024 - 19:52 WIB
loading...
Efek Buruk Perang Iran-Israel, Warga RI Bisa Makin Susah Dihantam Harga Pangan
Tiga hal yang perlu diperhatikan pemerintah terkait dampak ekonomi dari konflik Iran-Israel. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury mengungkapkan tiga hal yang perlu diperhatikan pemerintah terkait dampak ekonomi dari konflik Timur Tengah yaitu perang Iran-Israel . Tiga hal tersebut menurut Wamenlu adalah memang sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Kita perlu pantau khususnya terkait 3 hal bagaimana pengaruhnya pada kenaikan harga energi, harga bahan-bahan pangan dan juga yang terkait kenaikan premium risiko dan pengaruhnya juga ke capital flow keluar dari Indonesia ini yang kita akan monitor seperti apa," jelas Wamenlu saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/4/2024).



Menurut Pahala, pemerintah juga menyiapkan skenario potensi konflik jangka pendek dan panjang. Tetapi balik lagi, apapun yang perlu dilakukan adalah sesuai arahan Presiden dan yang sudah disampaikan juga oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Dan yang sudah disampaikan Ibu Menlu bahwa kita akan berupaya memastikan pihak-pihak di dalam negeri maupun diplomasi kita di luar untuk bisa kurangi adanya eskalasi atau menghindari adanya eskalasi bahkan berupaya untuk melakukan deeskalasi dari ketegangan tersebut," ungkap Pahala.



Untuk pengaruhnya ke ekspor dan impor Indonesia, Pahala menegaskan berpengaruh pada global supply chain.

"Artinya ini memiliki pengaruh terhadap keamanan dari pada supply chain pengangkutan barang tersebut," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1036 seconds (0.1#10.140)