alexametrics

Lewat Sosmed, Sri Mulyani Ingin Rakyat Tahu Mengapa Harus Bayar Pajak

loading...
Lewat Sosmed, Sri Mulyani Ingin Rakyat Tahu Mengapa Harus Bayar Pajak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merupakan salah satu menteri yang aktif menggunakan sosial media (sosmed), mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Di sosial medianya, dia kerap membagikan informasi seputar pekerjaannya sebagai Menteri Keuangan.

Tak jarang, dirinya juga membagikan informasi mengenai kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), serta pemasukan pajak Indonesia.

"Menjelaskan keuangan negara adalah konsen kita semua. Dari mana uang itu diperoleh, bagaimana mengalokasikannya. Sehingga masyarakat semakin tahu dan bertanggung jawab," katanya di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).



Jika masyarakat mengetahui kondisi kas negara dan memiliki rasa tanggung jawab atas hal tersebut, maka menurutnya, masyarakat tidak akan ribut lagi mengenai utang negara dan kewajiban membayar pajak.

"Dia paham itu kenapa (bayar pajak dan kondisi utang). Bukan karena Menkeu hobi. Tapi itu adalah mandat konstitusi. Ini bagian dari memelihara Republik Indonesia," ungkapnya.

Masih menurut wanita yang akrab disapa Ani ini, dengan menggunakan sosmed maka pemerintah juga bisa menjelaskan kondisi kas negara dengan cara yang lebih mudah dipahami.

"Kalau membahas dalam bahasa biasa ini tidak terlalu sulit dipahami. Kita harus sadar policy maker setiap kebijakan memiliki pilihan yang tidak mudah. Jadi cari cara untuk meyampaikan, harus berpikir keras menjelaskan situasi ini," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak