Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur

Rabu, 17 April 2024 - 09:29 WIB
loading...
Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur
Warung Nasi Kikil Gus Dur di Jombang, Jawa Timur. Foto: MPI/Avirista Midaada
A A A
JOMBANG - Berada di Jombang tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner favorit Presiden keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Ya nasi kikil menjadi salah satu kuliner yang kerap disantap Gus Dur, yang juga berasal dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Tempat makan favorit Gus Dur memakan nasi kikil yakni di Warung Abang. Lokasinya berada tak jauh dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng, atau berada di Jalan KH. Hasyim Asy'ari, Diwek, Kabupaten Jombang.

Lokasinya berada di tepi jalan raya membuat pembeli mudah mengaksesnya. Apalagi ada ciri khas khusus yakni warung berwarna merah atau abang dalam bahasa Jawa, kian membedakan warung ini dari warung-warung lainnya.

Gurihnya Kuliner Legendaris Nasi Kikil Jombang Tempat Favorit Makan Presiden Gus Dur


Nama Warung Abang sendiri menjadi sebutan dari Gus Dur, meski sejak awal berdiri warung ini sudah berwarna merah. Tetapi karena seringnya Gus Dur membeli nasi kikil di sini, nama warung ini kini disematkan Warung Nasi Kikil Gus Dur.



Padahal nama aslinya yakni Warung Kikil Abang. Memasuki dalam warung kikil tersebut, tampak foto Gus Dur bersanding dengan orang tuanya Siti Qoirumlah dan ayahnya yang akrab disapa Cak Man.

Beberapa foto tokoh - tokoh yang pernah berkunjung ke warung kikil, seperti Hotman Paris, Syaifullah Yusuf, Yenny Wahid, Ahmad Dhani, hingga presenter ternama Najwa Shihab terpajang.

Ya, ikon Gus Dur membuat warung ini warung nasi kikil ini dikunjungi sederet tokoh - tokoh ternama negeri ini.

Pengelola Warung Kikil Abang Siti Munazilah mengatakan, dinamakan Warung Abang karena sejak dahulu didirikan neneknya warung tersebut telah dicat dengan warna merah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)