Presiden Iran dari Masa ke Masa, Nomor 6 Populer di Indonesia

Rabu, 17 April 2024 - 17:15 WIB
loading...
Presiden Iran dari Masa ke Masa, Nomor 6 Populer di Indonesia
Presiden Iran tidak memiliki kekuasaan tertinggi di negara tersebut. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Presiden merupakan pejabat tertinggi kedua di Iran . Meskipun presiden mempunyai kedudukan yang tinggi di masyarakat, kekuasaannya dalam banyak hal dibatasi oleh konstitusi, yang menempatkan seluruh cabang eksekutif di bawah Pemimpin Tertinggi. Faktanya, Iran adalah satu-satunya negara di mana cabang eksekutifnya tidak mengendalikan angkatan bersenjata.

Presiden bertanggung jawab untuk menetapkan kebijakan ekonomi negara. Meskipun ia hanya mempunyai kekuasaan atas Dewan Keamanan Nasional Tertinggi dan Kementerian Intelijen dan Keamanan, dalam praktiknya Pemimpin Tertinggi mendikte semua urusan keamanan luar negeri dan dalam negeri. Delapan wakil presiden bertugas di bawah presiden, serta kabinet yang terdiri dari 22 menteri. Dewan Menteri harus dikonfirmasi oleh Parlemen.

Presiden Iran dari Masa ke Masa

1. Abolhassan Bani-Sadr (1980-1981)

Presiden Iran dari Masa ke Masa, Nomor 6 Populer di Indonesia

Foto/Reuters

Abolhassan Bani-Sadr adalah salah satu orang buangan anti-Shah yang kembali ke Iran pada malam menjelang penggulingan monarki. Ia terpilih sebagai presiden pertama Republik Islam dan mulai menjabat pada bulan Januari 1980. Keberhasilannya dalam pemilihan umum ini berkat kedekatannya dengan pemimpin revolusioner Ayatollah Ruhollah Khomeini, visibilitas yang diperoleh dari buku-buku dan esai tentang pemerintahan dan ekonomi Islam, dan peran penting sebagai presiden pertama Republik Islam.

"Kepresidenannya ditandai dengan persaingan sengit mengenai kebijakan dan kekuasaan antara kubunya dan kelompok ulama di sekitar Khomeini, yang dipimpin oleh Ayatollah Mohammad Beheshti dan Partai Republik Islam (IRP). Pemerintah lumpuh selama berbulan-bulan akibat perselisihan mengenai penunjukan kabinet antara presiden dan perdana menteri baru, Mohammad Raja’i, anak didik Beheshti. Bani-Sadr ingin membubarkan atau setidaknya mengekang komite-komite revolusioner dan pengadilan revolusioner yang nakal. Partai ulama mendukung lembaga-lembaga ini," kata Shaul Bakhash, peneliti George Mason University.

2. Mohammad Ali Raja'i (1981)

Mohammad Ali Raja'i menggantikan Bani-Sadr dalam pemilu yang terorganisir dengan tergesa-gesa dan nyaris tidak ada persaingan pada bulan Juli 1981. Ia mengambil sumpah jabatan pada tanggal 2 Agustus, namun ia dibunuh pada tanggal 30 Agustus.


3. Ali Khamenei (1981-1989)

Presiden Iran dari Masa ke Masa, Nomor 6 Populer di Indonesia

Foto/Reuters

Pemilihan Khamenei membalikkan diktum informal Khomeini bahwa ulama tidak boleh menjadi presiden. Salah satu pendiri IRP, Khamenei sempat menjabat sebagai pengawas Garda Revolusi dan juga sebagai menteri pertahanan.

"Khamenei menjabat sebagai presiden selama dua periode, masing-masing empat tahun, namun dibayangi oleh Perdana Menteri Mir Hossein Mousavi yang memimpin negara itu melewati tahun-tahun sulit dalam Perang Iran-Irak. Khomeini bahkan menegur Khamenei secara terbuka dan tajam pada bulan Januari 1988, ketika presiden berani menyatakan bahwa konstitusi membatasi kewenangan negara dan parlemen di bidang ekonomi," ungkap Bakhash.

Kepresidenan Khamenei ditandai dengan penindasan brutal terhadap partai-partai oposisi radikal antara tahun 1981 dan 1983, ketika ribuan pemuda dan pemudi dipenjarakan dan dibunuh, seringkali di jalanan; dengan marginalisasi partai-partai oposisi yang berhaluan tengah; dan pembunuhan di penjara terhadap lebih dari 2.000 anggota kelompok sayap kiri radikal pada akhir Perang Iran-Irak.

Di bidang lain, Khamenei diidentifikasi sebagai kelompok ulama yang ‘moderat’ dan bukannya kelompok radikal di lingkaran dalam Khomeini. Ia mendukung usulan kontroversial Rafsanjani untuk memberikan lebih banyak ruang bagi sektor swasta dalam perekonomian. Setelah kematian Khomeini pada tahun 1989, Khamenei dipilih sebagai penggantinya, dengan harapan bahwa ia akan menjadi pemimpin tertinggi yang relatif lunak.

4. Akbar Hashemi Rafsanjani (1989-1997)

Presiden Iran dari Masa ke Masa, Nomor 6 Populer di Indonesia

Foto/Reuters

Rafsanjani resmi dilantik pada bulan Juli 1989, pada saat yang menentukan. Khomeini meninggal pada bulan Juni. Perang Iran-Irak telah berakhir, memungkinkan Teheran memulai rekonstruksi pascaperang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)