alexametrics

Sri Mulyani Waspadai Fluktuasi Harga Minyak Mentah Dunia

loading...
Sri Mulyani Waspadai Fluktuasi Harga Minyak Mentah Dunia
Menkeu Sri Mulyani mewaspadai fluktuasi harga minyak mentah dunia, karena bisa mempengaruhi dari target ICP yang ditentukan dalam APBN 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NUSA DUA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai harga minyak mentah dunia masih belum stabil, sehingga sulit untuk diperhitungkan. Lantaran itu, fluktuasi harga minyak yang belum menentu terang dia perlu diwaspadai pada tahun 2019.

"Harga minyak yang naik dan turun dan kita harus waspadai volatilitas harga minyak dunia. Karena ini sulit untuk diperhitungkan dan bisa mempengaruhi dari target yang kita tentukan dalam APBN 2019," ujar Sri Mulyani di Nusa Dua Bali, Kamis (6/12/2018).

Lebih lanjut, terang dia pergerakan harga minyak dunia masih akan dipengaruhi oleh kebijakan dari OPEC serta keluarnya Qatar dari keanggotaan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia.

"Saya bertemu dengan Menteri Minyak Arab Saudi dengan outlook harga minyak berapa dan ini tergantung OPEC. Lalu kerja sama Arab Saudi dan Rusia, serta sekarang Qatar keluar dari OPEC dan forecats global gross. Harga minyak bisa tertahan dan ini berbeda dengan asumsi kita yang targetkan sampai USD70 per barel," katanya

Sebagai informasi, harga minyak mentah dunia belakangan berada dalam tren penurunan menjelang pertemuan OPEC di Wina, Austria. OPEC sendiri berencana memangkas pasokan demi mengembalikan harga minyak yang telah tergerus 30% sejak Oktober.

Dilansir Reuters, harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) turun 23 sen alias 0,4% menjadi USD52,66 per barel pada pukul 01:40 GMT. Sedangkan harga minyak mentah Brent International turun 7 sen atau 0,1% ke level USD61,49 per barel.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak