alexametrics

Membangun Kekuatan Entrepreneurship Bagian Penting Industri 4.0

loading...
Membangun Kekuatan Entrepreneurship Bagian Penting Industri 4.0
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bappenas menyatakan, untuk menghadapi revolusi industri 4.0 maka Indonesia harus membangun kekuatan kewirausahaan. Para wirausahawan dibutuhkan dalam era ekonomi digital karena bisa menggerakkan banyak lini bisnis.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, mengatakan beberapa negara di Asia sudah menerapkan ini sejak dulu. Pengusaha yang dirintis sejak kecil sudah mulai besar.

"Contoh Asia Timur, Jepang, Taiwan dan China, kekuatan mereka entrepreneurship kelas kecil dan menengah jadi konglomerat. Namun, yang penting semua lini bisnis bisa diisi pengusaha domestik dari kecil sampai besar," ujarnya di Jakarta, Jumat (7/12/2018).

Sedangkan, Bambang menjelaskan, di Indonesia, UMKM justru susah naik kelas meski jumlahnya banyak. Sehingga, tidak berdampak ke pertumbuhan ekonomi.

"Bagaimana usaha mikro kecil menjadi ke menengah sampai besar? Kalau kecil terus artinya tidak jalan, tidak ada perbaikan dunia usaha dan ini kenapa pengusaha jadi bagian penting di revolusi industri keempat," katanya.

Menurut Bambang, di Indonesia akan muncul pengusaha baru yang berbeda dengan masa lalu. Kebanyakan mereka dulu meneruskan usaha orang tuanya, tapi banyak bisnis antar generasi belum terlalu halus ketika pindah tangan.

"Selain kembangkan usaha orang tua, kembangkan usaha baru. Nah itu saja sudah beri semangat, ekonomi digital kita berkembang," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak