5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Nomor 1 Paling Mudah

Kamis, 18 April 2024 - 15:31 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Sakit Kepala Tanpa Minum Obat, Nomor 1 Paling Mudah
Viral obat sakit kepala diduga memicu anemia aplastik. Padahal, sakit kepala biasa bisa disembuhkan tanpa minum obat. Foto/ hopkinsmadicine
A A A
JAKARTA - Masyarakat tengah dihebohkan dengan salah satu obat sakit kepala yang disebut dapat menyebabkan efek samping, yakni anemia aplastik. Kondisi tersebut membuat pasien mudah lelah dan rentan terhadap infeksi, serta pendarahan yang tidak terkontrol.

Sementara, ada berbagai faktor dari penyebab sakit kepala , dari makanan, minuman, stres hingga kurang tidur. Anda pun perlu mengatahui lebih lanjut penyebab sakit kepala.



Mengatasi sakit kepala pun tak melulu harus mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit kepala tanpa minum obat. Dilansir Medical News Today, Kamis (18/4/2024), berikut ulasannya.

Tips Mengatasi Sakit Kepala

1. Minum Air yang Cukup
Pertama ialah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air yang cukup. Minum cukup air dapat membantu mencegah sakit kepala atau mengurangi keparahannya.

Dehidrasi bisa menjadi penyebab banyak sakit kepala sederhana. Hal ini juga dapat mengubah perasaan, tindakan, atau pemikiran seseorang.

Seperti yang dicatat oleh sebuah penelitian di jurnal Antioksidan, dehidrasi ringan dapat menghambat oksigen ke otak. Mengonsumsi makanan tinggi cairan, seperti buah-buahan, smoothie, atau sup, juga dapat meningkatkan hidrasi.

2. Kompres Air Dingin
Kompres air dingin bisa jadu solusi sakit kepala sederhana yang dirasakan banyak orang. Menerapkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Tindakan ini untuk sementara dapat meredakan sakit kepala.

Beberapa penelitian menemukan bahwa penerapan terapi dingin dapat meredakan gejala migrain, yaitu sakit kepala yang lebih parah.

3. Kompres Air Hangat
Dalam kasus lain, seperti sakit kepala yang ototnya terlalu tegang, mengompres denhan hangat dapat membantu mengendurkan otot-otot tersebut dan memberikan kelegaan.

Kompres air hangat bisa dilakukan dengan menggunakan handuk panas. Anda bisa mendapatkan efek yang sama dari mandi air hangat atau berendam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)