3 Alasan yang Membuat Arab Saudi Bermusuhan dengan Iran

Kamis, 18 April 2024 - 20:30 WIB
loading...
3 Alasan yang Membuat Arab Saudi Bermusuhan dengan Iran
Pemerintah China mempertemukan delegasi Arab Saudi dan Iran di Beijing, 11 Maret 2023. Foto/AP
A A A
RIYADH - Arab Saudi dan Iran merupakan negara berpengaruh di Timur Tengah. Kendati begitu, keduanya tampak memiliki hubungan yang kurang harmonis selama beberapa waktu ke belakang.

Pada 2023 lalu, Arab Saudi dan Iran memang telah setuju memulihkan hubungan. Namun, tetap saja hubungannya masih terasa panas sebagaimana sebelum-sebelumnya.

Lantas, apa sebenarnya alasan Arab Saudi bermusuhan dengan Iran? Dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2024), berikut ini sejumlah penyebabnya yang bisa diketahui.

Alasan Arab Saudi Bermusuhan dengan Iran

1. Rivalitas Geopolitik


Sedikit dijelaskan di atas, Arab Saudi dan Iran menjadi dua negara yang punya pengaruh besar di Timur Tengah. Maka dari itu, tak jarang terlihat adanya persaingan guna mendapat atensi lebih dari negara-negara lain di kawasan tersebut.

Mengutip laman Best Diplomats, di satu sisi Iran memiliki tujuan geopolitik untuk memperkuat posisinya sebagai kekuatan regional di Timur Tengah.

Memandang dirinya sebagai pelindung Muslim Syiah, tak jarang otoritasnya berupaya memenuhi kebutuhan populasi Syiah di seluruh dunia.

Sebaliknya, Arab Saudi yang secara historis menerapkan kebijakan dominasinya atas Muslim Sunni, mereka memandang pengaruh Iran sebagai ancaman. Kondisi ini secara tidak langsung telah membuat hubungannya memburuk.

Pada langkahnya, Iran dan Arab Saudi cukup sering menawarkan bantuan kepada pihak-pihak yang terlibat konflik. Sebagai contoh, bisa diambil Suriah dan Yaman yang menjadi bukti nyata persaingan Arab Saudi-Iran.

2. Agama


Saat membahas hubungan tak harmonis antara Arab Saudi dan Iran, sebagian orang cukup sering mengaitkannya dengan masalah agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)