AI Deteksi Detail Misterius yang Tersembunyi dalam Lukisan Karya Raphael

Jum'at, 19 April 2024 - 08:59 WIB
loading...
AI Deteksi Detail Misterius yang Tersembunyi dalam Lukisan Karya Raphael
Lukisan Karya Raphael. FOTO/ SCIENCE ALERT
A A A
SAN FRANCISCO - Kecerdasan buatan (AI) telah menunjukkan kemampuannya untuk melihat detail dalam gambar yang luput dari pandangan manusia.



Kali ini, jaringan saraf AI telah mengidentifikasi sesuatu yang tidak biasa pada wajah dalam lukisan Raphael: Wajah tersebut ternyata tidak dilukis oleh Raphael sendiri.

Wajah yang dimaksud adalah milik St. Joseph, yang terlihat di kiri atas lukisan terkenal "Madonna della Rosa" (atau Madonna of the Rose).

Para ahli telah lama memperdebatkan keaslian lukisan ini. Meskipun diperlukan berbagai bukti untuk menentukan asal muasal sebuah karya seni, metode analisis baru berdasarkan algoritma AI telah memihak mereka yang percaya bahwa setidaknya sebagian dari guratan dalam lukisan tersebut berasal dari tangan seniman lain.

Seperti dilansir dari Science Alert, para peneliti dari Inggris dan AS mengembangkan algoritma analisis khusus berdasarkan karya-karya Raphael yang telah diautentikasi.

"Dengan menggunakan analisis fitur yang mendalam, kami menggunakan gambar lukisan Raphael yang diautentikasi untuk melatih komputer mengenali gayanya hingga tingkat yang sangat detail, mulai dari sapuan kuas, palet warna, bayangan, dan setiap aspek karya tersebut," jelas Hassan Ugail, seorang matematikawan dan ilmuwan komputer dari Universitas Bradford di Inggris, pada bulan Desember ketika temuan para peneliti dipublikasikan.

"Komputer melihat jauh lebih dalam daripada mata manusia, hingga tingkat mikroskopis."

Proses pembelajaran mesin biasanya membutuhkan banyak contoh untuk pelatihan, sesuatu yang tidak selalu tersedia dalam kasus karya seni seorang seniman. Dalam hal ini, tim memodifikasi arsitektur terlatih yang dikembangkan oleh Microsoft yang disebut ResNet50, dikombinasikan dengan teknik pembelajaran mesin tradisional yang disebut Support Vector Machine (SVM).

Penelitian ini menunjukkan potensi besar AI dalam membantu kita memahami dan menganalisis karya seni.

Dengan kemampuannya untuk melihat detail yang tidak terlihat oleh mata manusia, AI dapat membantu kita untuk mengungkap misteri seputar karya seni dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang karya seniman terkenal seperti Raphael.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)