Jokowi Akui Masalah Lahan Menghambat Pembangunan Infrastruktur

Selasa, 11 Desember 2018 - 10:59 WIB
Jokowi Akui Masalah Lahan Menghambat Pembangunan Infrastruktur
Jokowi Akui Masalah Lahan Menghambat Pembangunan Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menekankan bakal mempercepat pembangunan infrastruktur, salah satu yang menjadi fokus yakni pembangunan jalan tol dan pelabuhan. Meski begitu, Ia mengungkapkan ada beberapa kendala yang menghambat pembangunan di antaranya masalah lahan yang masih rumit dan tumpang tindih.

"Apa yang kita lihat dengan pembangunan infrastruktur ini, saya semakin tahu dan sadar negara kita paling banyak tumpah tindih lahan," ujar Presiden Jokowi saat peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta di Jakarta, Selasa (11/12/2018).(Baca Juga: Fondasi Bangun Ekonomi, Jokowi Luncurkan Geoportal Kebijakan Satu PetaLebih lanjut, terang dia bahwa ada beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang akan segera diselesaikan hingga tahun depan. Salah satunya jalan tol Surabaya-Jakarta yang tengah dibangun dan segera rampung di 2019.

"Empat tahun ini kita fokus pada pembangunan infrastruktur, kita lihat jalan tol dan bandara, pelabuhan, bendungan satu persatu telah selesai dan banyak lagi nanti akhir tahun ini dan awal tahun. Sebagai contoh jalan tol Surabaya-Jakarta akan sambung di akhir tahun ini," paparnya

Dia berharap, perencanaan pembangunan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin dan hak atas tanah, serta berbagai kebijakan nasional dapat mengacu pada data spasial yang akurat. "Pembangunan irigasi misalnya harus lewat mana akan ketahuan semua melalui peta ini. Juga kepemilikan konsesi akan kelihatan semua," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3333 seconds (0.1#10.140)