Perang Lawan Israel, Iran Miliki Drone Canggih dan Mematikan

Jum'at, 19 April 2024 - 14:18 WIB
loading...
Perang Lawan Israel, Iran Miliki Drone Canggih dan Mematikan
Pengamat Internasional Hikmahanto Juwana menyebut, Israel harus waspada karena Iran memiliki pesawat tanpa awak atau Drone yang dinilai sangat canggih. Foto/Wikimedia
A A A
JAKARTA - Pengamat Internasional Hikmahanto Juwana menyebut, Israel harus waspada karena Iran memiliki pesawat tanpa awak atau drone yang dinilai sangat canggih.

"Ini kan sudah kita lihat ketika perang di Ukraina, di mana drone seringkali dipakai. Dan salah satu drone yang sangat efektif adalah drone yang dibuat oleh Iran. Dan ini tentu menjadi kekhawatiran bagi Israel kalau misalnya Iran menggunakan drone yang memang canggih gitu ya," kata Hikmahanto kepada iNews Media Group, Jumat (19/4/2024).

Hikmahanto menilai, saat ini drone menjadi senjata yang sangat populer untuk digunakan. Sebab, katanya, tak perlu tanpa awak dan dapat menyerang secara jarak jauh.

"Drone itu sekarang sebagai senjata yang sangat populer karena ini senjata yang nirawak ya tidak diawaki dan bisa menjelajah dalam apa jarak yang lumayan jauh begitu dan melakukan serangan-serangan," jelasnya.



Bahkan kata Hikmahanto, kemenangan suatu perang kadangkala bisa ditentukan oleh serangan-serangan udara salah satunya menggunakan drone.

"Drone-drone ini yang dipakai ya sebelum tentunya nanti serangan darat. Tapi pada saat sekarang ini di tahap awal sekarang ini ini serangan-serangan udara ini yang akan terus dilancarkan," jelasnya.

Meski begitu, kata Hikmahanto drone memiliki sejumlah masalah. Penggunaannya bisa berdampak pada warga sipil.

"Permasalahannya adalah apakah serangan udara ini akan mengenai warga sipil yang seharusnya mendapat perlindungan kalau misalnya dalam suatu peperangan," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)