alexametrics

Budi Karya Ingin Terus Pangkas Biaya Logistik

loading...
Budi Karya Ingin Terus Pangkas Biaya Logistik
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Sistem transportasi menjadi sebuah indikator bagi negara untuk melihat perkembangan perekonomianannya. Namun masih banyak permasalahan transportasi yang masih menjadi pekerjaan rumah.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyebutkan transportasi dan logistik memainkan peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa.

"Pekerjaan rumah Kementerian Perhubungan saat ini adalah harus terus memangkas biaya logistik yang mana komponen terbesarnya adalah di sektor transportasi," ujar Budi Karya di Jakarta, Rabu (12/12/2018).



Karenanya, Kata dia, Badan Litbang Perhubungan dharapkan mampu menghasilkan output pekerjaan yang lebih tajam dan memberikan solusi bagi permasalahan transportasi di Indonesia.

"Badan Litbang harus bisa memformulasikan mekanisme bekerjanya sehingga outputnya lebih tajam dan lebih memberikan solusi bagi Kemenhub. Yang kita tahu komplikasi hal yang ada di Kemenhub itu banyak," ucap Menhub.

Budi Karya mengatakan rencana perubahan peran Badan Litbang Perhubungan diharapkan mampu memberikan gagasan munculnya inovasi-inovasi pembangunan, strategi dan kebijakan terutama di bidang transportasi.

"Badan Litbang harus mampu menjadi tim think-tank Kementerian, sehingga bukan lagi menjadi supporting bodies tapi masuk ke dalam internal business process dalam pengambilan kebijakan di Kementerian Perhubungan," jelasnya.

Selain perubahan, Budi Karya menyampaikan juga diperlukan inovasi. Inovasi ini harus dimulai dari hal-hal terkecil. Contohnya inovasi mengenai layanan-layanan, seperti kargo, layanan kepada costumer, atau layanan terhadap asosiasi. Untuk mendukung proses inovasi tersebut, Kemenhub telah menggandeng beberapa startup.

"Kami mengundang banyak startup, kurang lebih ada 15 grup, yang memberikan masukan. Harapannya ini bisa dilaksanakan dan menjadi terobosan. Kami mengharapkan ini menjadi terobosan yang tajam yang menjadi solusi bagi kita semua," tandasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak