Berkat BRILInk, Ekonomi Wawan yang Dulu Pas-pasan Kini Mulai Stabil Hasilkan Cuan

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB
loading...
Berkat BRILInk, Ekonomi...
Hati Wawan kini sudah lebih tenang. Trauma sisa-sisa musibah kebakaran depo Pertamina Plumpang tahun 2023 yang ikut menghanguskan outlet Agen BRILInk-nya kini mulai sirna berganti optimisme. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sinar matahari sedikit demi sedikit menerobos masuk ke di sela-sela atap rumah sekaligus outlet Agen BRIlink Wawan Cell di kawasan Tanah Merah Bawah, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara. Jarum jam menunjuk angka 07.00 WIB. Wawan dan sang istri Lilis Sugiyarti segera bergegas membuka outlet Agen BRIlink Wawan Cell.



Hati Wawan kini sudah lebih tenang. Trauma sisa-sisa musibah kebakaran depo Pertamina Plumpang tahun 2023 yang ikut menghanguskan outlet Agen BRILInk-nya kini mulai sirna berganti optimisme. Setelah rumahnya yang hangus direhab kembali, kini Wawan bisa menjalankan aktivitas Agen BRILInk dengan nyaman. Ekonomi keluarganya yang dulu pas-pasan kini mulai stabil dan terus membaik

Meski hanya menempati ruangan ukuran sekitar 3 X 3 meter, namun Agen BRILink Wawan Cell kini justru makin ramai dengan berbagai transaksi nasabah paska kebakaran depo Pertamina setahun lalu.

“Setelah direhab, pelanggan Agen BRILink saya makin banyak. Alhamdulilah dari segi ekonomi yang saya rasakan, kalau dulu hanya segitu gitu saja kalau mau beli apa-apa kayak takut, ibaratnya saat ini setelah jadi agen bisa jajan ini itu,” tutur Wawan bersemangat saat berbincang dengan SINDOnews, Rabu (17/4/2024).



Pria bernama asli Sosro Wandi ini mengatakan, dirinya bersyukur sejak menjadi Agen BRILink banyak dampak positif yang dirasakan ekonomi keluarganya. Jika dulu ketika akan membeli sesuatu barang harus berpikir seribu kali, kini sejumlah kebutuhan hidup yang diinginkan bisa terbeli

Selain dari segi ekonomi mulai meningkat, menjadi Agen BRILink membuatnya banyak jaringan pertemanan. “Di luar dampak ekonomi keluarga, menjadi Agen BRILInk itu banyak temennya, apalagi kita sesame agen punya grup Whatshapp (WA). Pas ada gathering kita bisa saling tukar informasi. Pokoknya banyak senangnya,” tambahnya.

Wawan mengaku telah menjadi Agen BRILink antara tahun 2017 hingga 2018. Dari awalnya membuka outlet Agen BRILink sekaligus toko jual pulsa HP di sebuah gang sempit, kini dirinya bersyukur bisa memiliki outlet Agen BRILink Wawan Cell di pinggir jalan di kawasan Tanah Merah Bawah, Rawa Badak, Koja Jakarta Utara.

Wawan bercerita, awal dirinya menjadi Agen BRILink karena termotivasi oleh temannya yang sudah lebih dulu menjadi agen. Lewat cerita sang rekan, Wawan akhirnya memberanikan diri mendaftar sebagai Agen BRILink pada tahun 2018.

“Kawan saya di Cakung lebih dulu menjadi agen. Suatu saat saya main ke tempat dia lihat lihat cara kerja mesin BRILink. Dia cerita enaknya jadi agen kerjanya santai dan tidak butuh computer cukup pakai HP,” ujarnya.

Dari info teman itulah Wawan yang saat itu sudah memiliki usaha toko pulsa HP kemudian menghubungi pihak BRI untuk mendaftar jadi agen. Setelah menyerahkan berkas NPWP dan surat ijin usaha, akhirnya Wawan resmi menjadi Agen BRILink.

“Dulu itu prosesnya gampang karena masih manual belum digital seperti sekarang. Setelah menyerahkan berkas, ya sekitar 3 bulanan saya kemudian terima pemberitahuan lewat email bahwa saya sudah resmi diterima menjadi agen. Beberapa minggu kemudian mesin EDC (Electronic Data Capture) datang, dan saat itu langsung praktik,” kata Wawan didampingi sang istri Lilis Sugiyarti mengenang.

Wawan mengenang, awal-awal menjadi Agen BRILink sangat penuh perjuangan untuk mendapatkan nasabah. Untungnya sebelum jadi Agen BRILink, Wawan sudah memiliki usaha toko pulsa HP yang memiliki banyak pelanggan.

“Para pelanggan toko pulsa lama-lama kan tahu kalau saya punya usaha Agen BRILInk yang bisa memberi pelayanan seperti halnya bank. Maka dari situ kemudian banyak orang yang tahu dari mulut ke mulut dengan Agen BRILink saya,”kenang pria yang sudah dikarunia dua anak laki-laki ini.

Menurut Wawan, kini pelanggan maupun nasabah di Agen BRILink nya terus berkembang dan makin ramai. Dari buka pukul 07.00 WIB, Waawan baru menutup outlet BRILinknya pada pukul 22.30 WIB. Respos positif pun banyak diungkapkan para nasabahnya tentang keberadaan BRILInk.

“Tetangga banyak bilang enak transfer di sini ya tidak perlu antre seperti kalau ke bank antre. Lokasnya juga dekat bagi mereka dan tidak perlu berpakain rapi untuk ke sini. Ibaratnya ke sini pakai kaus oblong saja tidak minder,”ujar Wawan menirukan sejumlah testimoni dari para nasabahnya

Pelayanan BRILink Cepat dan Praktis

Karso salah satu pelanggan BRILink Wawan mengatakan dirinya hampir setiap hari transfer uang melalui Agen BRILink Wawan Cell. Profesi dirinya sebagai pedagang besar buah Nanas Madu di wilayah Rawa Badak membuatnya harus melakukan transaksi keuangan dengan cepat.

“Saya ambil barang buah kan dari daerah. Jadi setiap sudah deal saya bayarnya lewat transfer. Jadi hampir setiap hari pasti saya transfer ke sini,”ujar Karso yang mengaku sekali transfer berjumlah jutaan rupiah.

Menurut Karso, pelayanan transfer uang di BRILink lebih cepat dan praktis, sesuatu yang sangat dibutuhkan pekerjaan seperti dirinya yang harus memutar uang secara cepat. Hal itu beda kalau misalnya ia harus pergi ke bank yang harus antre dan membutuhkan waktu.

Mengutip laman resmi BRI, Pimpinan Cabang (Pinca) Kantor Cabang (KC) BRI Jakarta Tanjung Priok, Bayu Adityo mengakui apabila keberadaan Agen BRILink selain bisa membantu edukasi soal literasi keuangan kepada masyarakat juga bisa membantu perekonomia agen bersangkutan.

Ditambahkan, salah satu kentungan yang bisa diperoleh Agen BRILink adalah fee dari pihak BRI setiap kali transaksi. Berapa jumlah fee yang dikantongi agen tergantung berapa jumlah traksaksi yang ada

Hingga 2023 Jumlah Agen BRILink 740 Ribu Lebih

Mengutip laman resmi BRI, pada awal tahun 2023, jumlah Agen BRILink di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 627 ribu agen. Hingga akhir Desember 2023 jumlah Agen BRILink membengkak lebih dari 740 ribu agen. Artinya ada lebih dari 100 ribu agen baru bertambah selama 2023.

Pertambahan jumlah Agen BRIlink juga diikuti dengan bertambahnya volume transaksi. Volume transaksi AgenBRILink selama 2023 berjumlah lebih dari Rp1,4 Kuadriliun atau tepatnya Rp1.427 triliun. Jumlah ini meningkat lebih banyak dari periode tahun 2022 yakni Rp1,3 kuadriliun.

Dalam pelaksanaannya kini Agen BRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat sekalipun dalam periode hari libur. Hadirnya Agen BRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan.

Fitur-fitur yang dapat dinikmati meliputi pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.

Sejumlah Keuntungan Jadi Agen BRILink

1. Mendapatkan fee setiap kali ada nasabah BRI yang melakukan transaksi.
2. Agen BRIlink tidak harus membeli alat khusus, semua bisa dilakukan dengan smartphone/
3. Fitur yang disediakan lengkap.
4. Memperoleh asuransi yang memproteksi Agen BRILink dari kecelakaan atau kebakaran tempat usaha yang merangkap tempat tinggal.
5. Bisa mendapatkan cuan tambahan dari rumah.

Syarat Jadi Agen BRILink

1. WNI Perorangan / instansi non berbadan hukum
2. Memiliki usaha minimal 2 tahun
3. Memiliki rekening simpanan berkartu di BANK BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen
4. Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
5. Belum menjadi Agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1736 seconds (0.1#10.140)