Mengulik Makna dan Arti Bendera Iran, Tersemat Lafadz Takbir Bergaya Unik

Sabtu, 20 April 2024 - 20:05 WIB
loading...
Mengulik Makna dan Arti Bendera Iran, Tersemat Lafadz Takbir Bergaya Unik
Bendera Iran memiliki keunikan sendiri. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Makna dan arti bendera Iran menjadi pembahasan menarik untuk diketahui. Iran sendiri menjadi salah satu negara yang benderanya menyematkan lafadz ‘Allah’.

Bendera Iran diadopsi secara resmi pada 29 Juli 1980. Bendera ini dulunya dirancang oleh Hamid Nadimi dan disetujui oleh pemimpin Revolusi Iran, Ayatollah Khomeini.

Menurut riwayatnya, bendera tersebut melambangkan pergantian monarki Persia yang berusia 2.500 tahun dengan Republik Islam setelah Revolusi Iran pada 1979.

Pada versi lama, bendera Iran punya tiga warna dengan gambar Singa dan matahari di tengah. Namun, simbolnya kemudian diubah menjadi seperti bunga tulip yang terdiri atas empat bulan sabit dan satu pedang di tengah.

Lebih jauh, bendera Iran juga memiliki makna dan artinya sendiri. Berikut ini ulasannya yang bisa disimak.


Makna dan Arti Bendera Iran

Sekilas, orang-orang sudah mengetahui bahwa bendera Iran memiliki tiga warna utama. Masing-masing adalah hijau, putih, dan merah.

Mengutip National Geographic, Sabtu (20/4/2024), ketiga warna di atas juga sarat akan simbolisme. Hijau diyakini sebagai warna favorit Nabi Muhammad dan sering dijadikan simbol Islam dalam berbagai bendera negara Muslim.

Kemudian, putih dilambangkan sebagai kebebasan. Sementara warna merah dimaknai dengan keberanian, api, dan cinta.

Pada bagian tengah bendera, tersemat motif tulip berwarna merah yang dulunya menggantikan simbol singa dan matahari. Menurut sejarahnya, konon bunga tulip merah ini menjadi simbol penting dalam Islam Syiah sebagai perlambang Hussain Ibn Ali al-Hussein (cucu Nabi Muhammad) yang meninggal sebagai martir.

Jika dicermati, ornamen bunga tulip merah di bendera Iran terdiri atas empat kelopak berbentuk bulan sabit dan satu batang seperti pedang di tengah. Apabila dilihat lebih jelas, motif-motif tadi membentuk simbol tulisan ‘Allah’ dan melambangkan lima Rukun Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)