alexametrics

Dolar AS Bersinar Mencapai Level Tertinggi 19 Bulan

loading...
Dolar AS Bersinar Mencapai Level Tertinggi 19 Bulan
Dolar AS kembali bersinar ke level tertinggi 19 bulan. Foto/Reuters
A+ A-
NEW YORK - Dolar Amerika Serikat (USD) bersinar pada perdagangan pasar uang Jumat waktu setempat. Greenback--sebutan USD mencapai level tertinggi 19 bulan melawan enam mata uang utama. Menguatnya USD seiring kekhawatiran politik dan ekonomi di Eropa, sehingga investor meningkatkan permintaan akan mata uang safe haven ini.

Masalah Brexit yang berlarut-larut dan perlambatan ekonomi Uni Eropa, membuat USD menjadi investor darling. Melansir dari Reuters, Sabtu (15/12/2018), poundsterling Inggris ambruk karena pedagang khawatir rencana Perdana Menteri Inggris Theresa May mengamankan jaringan dari Uni Eropa soal kesepakatan Brexit, gagal mencapai hasil.

Di luar itu, ekonomi China juga mulai menunjukkan tanda-tanda pelemahan. Data penjualan ritel China pada November lewat, berada di jalur paling lambat sejak tahun 2003. Dan hasil industri China juga berada di level rendah dalam tiga tahun.



Alhasil, indeks USD terhadap enam mata uang utama naik 0,49% menjadi 97,536, level tertinggi sejak Mei 2017. Daya tarik dolar AS juga meningkat setelah data penjualan ritel dan produksi industri AS menunjukkan hasil optimis.

Hasil tersebut membuat euro tersungkur ke level USD1,1307, poundsterling Inggris melemah ke USD1,2586 dan yuan China jatuh 0,38% menjadi 6,9038 per USD. Dolar Australia juga tergelincir ke 0,718.

Namun, para pengamat menilai keuntungan dolar akan dibatasi pada pekan depan, jika The Fed tidak jadi menaikkan kembali suku bunga. Hanya saja, para pedagang optimis bank sentral tetap dengan sikapnya kendati mendapat kritik dari Presiden AS Donald Trump.

Pasar menyiratkan kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga sebesar 82%, dimana bank sentral akan meningkatkan suku bunga seperempat poin, dari 2,25 menjadi 2,50% pada pertemuan Rabu pekan depan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak