Pegadaian Syariah Ajak Pesantren Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah

Minggu, 21 April 2024 - 15:30 WIB
loading...
Pegadaian Syariah Ajak Pesantren Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah
KH. Cholil Nafis cara bedah buku Inovasi Produk-Produk Pegadaian Syariah Pondok Pesantren Annibras Subang. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pegadaian Syariah berkolaborasi dengan pesantren menggelar program peningkatan literasi keuangan syariah. Kegiatan tersebut dilakukan bersama Pondok Pesantren Annibras Subang yang diinisiasi dan didukung oleh Dana Kebajikan Umat Pegadaian Syariah.

"Kegiatan literasi bisnis dan keuangan Syariah menjelaskan mengenai produk-produk Pegadaian Syariah sesuai perkembangan zaman," ujar perwakilan Kepala Unit Usaha Syariah Pegadian Syariah Holilur Rohman dalam siaran pers, Minggu (21/4/2024).



Dia menjelaskan ada beberapa bisnis di Pegadaian Syariah. Selain produk utama, Afalah Gadai juga ada produk turunan yang terdiri dari Rahn Tasjili, Amanah, Arum Mikro, Arrum Haji, Arrum BPKB, Produk Amanah, Multi Pembayaran Online, Konsinyasi Emas, Tabungan Emas, hingga Produk Mulia sebagai inovasi produk dalam ranah pegadaian berbasis pada prinsip syariah.

Inovasi-inovasi ini bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan transaksi finansial sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di Pegadaian. "Misalnya, Rahn atau Gadai Syariah merupakan bentuk pinjaman yang didasarkan pada jaminan berupa barang yang bernilai, tanpa adanya unsur riba, gharar atau maisir," kata Holilur Rohman.



Program literasi tersebut dibarengi dengan kegiatan launching dan book review dihadiri oleh KH. Cholil Nafis, KH. Anan Nurdin pimpinan Pondok Pesantren Annibras. Acara bedah buku 'Inovasi Produk-Produk Pegadaian Syariah' dikemas dalam bentuk halal bi halal tokoh agama, pemerintah dan pengasuh-pengasuh pesantren se-Kabupaten Subang sekaligus menjadi wadah tukar pikiran dan refleksi untuk memajukan prinsip-prinsip keuangan Islam di dunia modern.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)