Perang Gaza Sudah Berlangsung 7 Bulan, Mengapa Kepala Intelijen Militer Israel Baru Mundur Sekarang?

Senin, 22 April 2024 - 16:55 WIB
loading...
Perang Gaza Sudah Berlangsung 7 Bulan, Mengapa Kepala Intelijen Militer Israel Baru Mundur Sekarang?
Aharon Haliva mengundurkan diri dari pemimpin intelijen militer karena gagal dalam perang melawan Hamas Foto/IDF
A A A
TEL AVIV - Pengunduran diri kepala intelijen militer Israel sudah diperkirakan sebelumnya dan kini para pemimpin politik kemungkinan besar akan merasakan tekanan yang semakin besar untuk menyalahkan serangan Hamas pada bulan Oktober.

Analis politik Yossi Mekelberg mencatat bahwa para pemimpin militer mengatakan mereka akan mengundurkan diri setelah perang di Gaza selesai. Namun seiring konflik yang terus berlanjut dan tidak ada tanda-tanda akan berakhir, keputusan Aharon Haliva untuk mengundurkan diri menjadi tidak terhindarkan.

“Ada sesuatu yang buruk dalam dunia intelijen Israel,” Mekelberg, rekan di lembaga pemikir Inggris Chatham House, mengatakan kepada Al Jazeera. “Tekanan pada Haliva sangat besar”.

Perang Gaza Sudah Berlangsung 7 Bulan, Mengapa Kepala Intelijen Militer Israel Baru Mundur Sekarang?

1. Bukan Hanya karena Serangan 7 Oktober, tapi Respons Serangan Hamas

Bukan hanya karena kegagalan yang terjadi pada tanggal 7 Oktober, namun juga karena informasi intelijen mengenai respons Iran terhadap dugaan serangan Israel terhadap konsulat Iran di Damaskus, yang mendorong wilayah tersebut ke ambang perang.

“Mereka membuat negara dan kawasan ini gelisah – tampaknya tidak ada yang memperingatkan kemungkinan lebih dari 300 rudal, termasuk balistik, terhadap Israel,” tambah Mekelberg.

Meskipun tidak jelas apakah pengunduran diri tersebut akan membuka jalan bagi lebih banyak pejabat militer untuk melakukan hal yang sama, namun hal ini akan memberikan tekanan pada para pemimpin politik untuk menerima tanggung jawab.

Mengakui tanggung jawab atas peristiwa 7 Oktober telah lama menjadi isu pelik dalam kepemimpinan Israel karena Perdana Menteri Benjamin Netanyahu belum menerima kesalahannya.


2. Tidak Menjalankan Tugas dengan Baik

Surat pengunduran diri Mayor Jenderal Aharon Haliva telah diberikan kepada wartawan.

“Pada hari Sabtu tanggal 7 Oktober 2023, Hamas melakukan serangan mendadak yang mematikan terhadap negara Israel. Divisi intelijen di bawah komando saya tidak menjalankan tugas yang dipercayakan kepada kami,” ujarnya.

“Saya membawa hari kelam itu bersama saya sejak saat itu. Hari demi hari, malam demi malam. Saya akan selamanya menanggung penderitaan perang yang luar biasa.”

Haliva merupakan pejabat tinggi pertama yang mengundurkan diri karena gagal mencegah serangan tersebut.

3. Akan Diikuti Pejabat Militer Lainnya

Haliva, serta pejabat militer dan keamanan lainnya, diperkirakan akan mengundurkan diri sebagai tanggapan atas kegagalan besar yang menyebabkan serangan tersebut. Namun waktu pengunduran diri tersebut tidak jelas karena Israel masih memerangi Hamas di Gaza di selatan dan melawan Hizbullah di Lebanon di utara. Ketegangan dengan Iran juga meningkat menyusul serangan balasan.

Meskipun Haliva dan pihak-pihak lainnya telah menerima kesalahan karena gagal menghentikan serangan pada bulan Oktober, pihak lain juga tidak melakukan hal yang sama, terutama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang mengatakan bahwa ia akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit mengenai perannya namun belum secara langsung mengakui tanggung jawab apa pun yang menyebabkan serangan tersebut terjadi. membuka.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)