3 Doa Tobat agar Terhindar Siksa Kubur dan Api Neraka, Arab Latin dan Terjemahan

Senin, 22 April 2024 - 16:30 WIB
loading...
3 Doa Tobat agar Terhindar Siksa Kubur dan Api Neraka, Arab Latin dan Terjemahan
Doa tobat agar terhindar dari siksa kubur maupun api neraka ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Mengingat tidak ada manusia yang sempurna dan mendapat jaminan surga.. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Doa tobat agar terhindar dari siksa kubur maupun api neraka ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Mengingat tidak ada manusia yang sempurna dan mendapat jaminan surga.

Sebagai manusia yang tak luput dari dosa , baik kecil maupun besar sudah sepatutnya untuk selalu bertobat selagi masih diberi kesempatan. Bahkan Allah SWT menjanjikan akan menerima tobat siapapun asalkan bersungguh-sungguh dan tidak mengulanginya lagi.

فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِۦ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ


Artinya: "Maka barangsiapa bertobat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Maidah: 39)

Lebarnya pintu tobat yang dibuka Allah SWT ini harus selalu dimanfaatkan oleh setiap muslim. Selain bertobat, setiap umat Islam juga dapat berdoa dan meminta untuk dijauhkan dari siksa kubur dan api neraka.

Terdapat beberapa doa tobat agar terhindar dari siksa kubur dan api neraka yang dapat dipanjatkan. Berikut ini di antaranya.

Doa Tobat agar Terhindar Siksa Kubur dan Api Neraka

1. Doa Pertama

اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ


Latin : Allahumma ajirni minannar

Artinya : "Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka"

Doa ini datang dari sebuah riwayat atau hadits dimana Rasulullah SAW pernah bersabda :

إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا


Artinya: "Apabila selesai salat subuh, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada harimu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka.

2. Doa Kedua

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِجَهَنَّمَ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ


Latin : Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabin naari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjal

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari azab Jahannam, azab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal." (HR Bukhari dan Muslim)

Bacaan kedua ini dinukil berdasarkan hadits dari Aisyah, istri Rasulullah SAW.

3. Doa Ketiga

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Latin : Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar

Artinya : "Ya Allah, berilah kami kebaikan dalam kehidupan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksaan api neraka," (HR Bukhari dan Muslim)

Doa tersebut dinukil berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah RA yang redaksinya berbunyi, "Jika kalian telah selesai membaca tasyahud akhir, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari empat perkara, dari siksa neraka Jahannam, dari azab kubur, dari bencana kehidupan dan kematian, dan dari bencana Dajjal."



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0843 seconds (0.1#10.140)