Begini Caranya Siapkan Dana Darurat yang Praktis

Selasa, 23 April 2024 - 12:38 WIB
loading...
Begini Caranya Siapkan Dana Darurat yang Praktis
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan dana darurat. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat ini tidak sedikit masyarakat yang mulai melek dengan pengelolaan keuangan , salah satu hal yang mendorong masyarakat adalah pandemic COVID-19 yang sempat juga meluluhlantahkan perekonomian Indonesia, sehingga banyak masyarakat yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang menyebabkan hilangnya pendapatan. Dana darurat adalah salah satu langkah yang wajib disiapkan dalam pengelolaan keuangan.

Sesuai dengan namanya, dana darurat merupakan sebuah sumber dana yang dipersiapkan untuk keadaan darurat, seperti yang terjadi pada pandemic COVID-19 yang lalu. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan dana darurat adalah cek dan pahami terlebih dahulu kondisi keuangan kita dengan melakukan pemetaan atas penghasilan dan pengeluaran rutin setiap bulannya.

Selanjutnya adalah dengan menyusun anggaran pengeluaran termasuk untuk tabungan dan investasi, dan yang terakhir hitung dan tentukan estimasi nominal dana darurat Anda. Besaran nominal dana darurat setiap individu akan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan masing-masing individu.

Baca Juga: Simak Tips ini Agar THR Kamu Tidak Jebol

Setelah memetakan dan mengatur anggaran keuangan, kita dapat mengetahui berapa target besaran nominal dana darurat yang ideal bagi diri kita. Zulfi Anfan Head of Marketing & Communication MNC Asset Management mengatakan dalam menyiapkan dana darurat juga harus diperhatikan tempat untuk mengumpulkannya, misalnya seperti di tabungan atau instrumen investasi yang mempunyai likuiditas tinggi.

“Menentukan tempat untuk menyimpan dana darurat juga merupakan hal yang penting, salah satu kriterianya adalah yang dapat dicairkan dengan cepat. Seperti tabungan, emas, dan reksa dana pasar uang. Selain itu dana darurat juga baiknya bisa dikembangkan di instrumen investasi,” tutur Zulfi.



Reksa dana pasar uang kini menjadi salah satu incaran para investor karena kemudahan dan dapat dicairkan hanya T+1 saja, adapun produk reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar memberikan return 4,90% 1th net dan MNC Dana Syariah Barokah dengan imbal hasil 4,45% 1th net pada data NAB per tanggal 22 April 2024.

Jadi, tunggu apa lagi? Simpan dana darurat Anda di reksa dana pasar uang MNC Dana Lancar & MNC Dana Syariah Barokah, kedua produk tersebut dapat dibeli melalui direct sales kami pada nomor WhatsApp 0811-1211-9696 dan reksa dana online www.motionfunds.id , serta APERD kami seperti MotionTrade, Bareksa, IPOT Fund, Poems ID, Ajaib, Mirae Asset Sekuritas, SMARD, SFAST dan Invesnow.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)