alexametrics

Kondisi Global Semakin Menantang, Ini Strategi Sri Mulyani

loading...
Kondisi Global Semakin Menantang, Ini Strategi Sri Mulyani
Tantangan ekonomi yang semakin berat di tahun 2019 dinilai membutuhkan banyak perbaikan di dalam negeri, Menkeu Sri Mulyani memaparkan apa yang harus dilakukan. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Tantangan ekonomi yang semakin berat di tahun 2019 dinilai membutuhkan banyak perbaikan di dalam negeri. Salah satunya meningkatkan ekspor dalam memperkuat fundamenetal ekonomi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan kondisi global seperti saat ini, meningkatkan ekspor bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya, diperlukan upaya menyeluruh dari hulu ke hilir, dari rantai suplai hingga ke penetrasi pasar.

"Sebuah proses panjang yang membutuhkan kerja sama erat antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, begitu pula dengan pihak swasta yang memiliki keahlian, pengetahuan serta pengalaman," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (20/12/2018).



Menurutnya, APBN dan APBD harus dirancang untuk bisa mendukung kesejahteraan masyarakat yang makin adil, merata, menumbuhkan kesempatan kerja dan mengurangi kemiskinan. Lantaran dengan demikian terang dia akan menciptakan daya dorong, tidak hanya konsumsi masyarakat tapi juga iklim investasi yang sehat.

"Adanya keseimbangan antara kemampuan daerah untuk mengumpulkan penerimaan pajak dan membelanjakan uang di tempat yang tepat. Hal ini sangat diperlukan mengingat kebutuhan masyarakat di daerah sangat beragam," paparnya.

Untuk itu, kerja sama BUMN dengan swasta perlu dilakukan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi. Hal ini untuk memperkuat ekonomi Indonesia. “Kita harapkan seluruh energi bersama ini dapat membuahkan tambahan kemakmuran untuk masyarakat dan terus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan bisnis,” tukasnya
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak