alexametrics

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat di 2019

loading...
BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Kuat di 2019
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia percaya diri bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tetap kuat di tahun depan. Optimisme ini ditopang oleh meningkatnya permintaan domestik.

"Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 tetap baik yakni pada kisaran 5,0%-5,4%, ditopang oleh terjaganya permintaan domestik dan membaiknya ekspor neto," ujar Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Menurut dia, indikator ekonomi kuartal IV-2018 menunjukkan konsumsi swasta tetap kuat ditopang daya beli dan keyakinan konsumen yang terjaga, serta dampak positif persiapan Pemilu.



"Investasi tetap kuat didorong proyek infrastruktur Pemerintah sedangkan investasi non bangunan melambat dipengaruhi perkembangan sektor manufaktur dan pertambangan," jelasnya.

Sementara itu, kontribusi ekspor neto diperkirakan masih negatif dipengaruhi ekspor yang melambat sejalan dengan permintaan global yang melandai dan harga komoditas ekspor yang menurun, ditengah impor yang tetap tinggi didorong permintaan domestik yang masih kuat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak