PM Baru Otoritas Palestina Abaikan Tekanan untuk Berdialog dan Berkompromi dengan Israel

Rabu, 24 April 2024 - 15:01 WIB
loading...
PM Baru Otoritas Palestina Abaikan Tekanan untuk Berdialog dan Berkompromi dengan Israel
PM Baru Otoritas Palestina Mohammad Mustafa mengabaikan tekanan untuk berdialog dengan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perdana Menteri Palestina yang baru dilantik, Mohammad Mustafa, mengumumkan paket reformasi yang bertujuan untuk memperkuat Otoritas Palestina (PA) di tengah meningkatnya tekanan global untuk menghidupkan kembali dialog politik dengan Israel.

Mustafa, yang ditunjuk oleh Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, awal tahun ini, mengatakan pemerintahnya akan menerapkan langkah-langkah untuk meningkatkan transparansi dan memerangi korupsi, merombak sistem peradilan dan sektor keamanan serta meningkatkan efisiensi sektor publik.

Selain itu, ia mengatakan sistem kesehatan dan pendidikan akan ditingkatkan, keuangan publik akan diperkuat, dan reformasi ekonomi akan dilaksanakan.

Janji reformasi tersebut sebagian besar sesuai dengan janji yang sebelumnya dibuat oleh pendahulunya, Mohammed Shtayyeh, yang mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Februari, ketika Otoritas Palestina berupaya membangun dukungan untuk memperluas perannya di tengah perang Israel melawan kelompok Hamas di Gaza.



Amerika Serikat dan mitra internasional lainnya telah menekan Otoritas Palestina untuk melaksanakan reformasi besar-besaran guna memulihkan kepercayaan di antara warga Palestina yang sangat kecewa dengan badan yang dibentuk berdasarkan Perjanjian Damai Oslo sementara lebih dari 30 tahun yang lalu.

Urgensi untuk melakukan reformasi semakin meningkat karena perhatian beralih ke pemerintahan di Gaza, setelah Israel mengakhiri kampanye militernya melawan Hamas menyusul serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel yang dipimpin oleh para pejuang Gerakan Hamas.

Meskipun ada penolakan dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, Washington dan sekutunya mengatakan Otoritas Palestina harus dilibatkan dalam mengatur daerah kantong tersebut setelah pasukan Israel menarik diri.

Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara Barat mengatakan hanya solusi dua negara, yang mencakup Negara Palestina merdeka di samping Israel, yang dapat menawarkan peluang penyelesaian damai atas konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Namun, Abbas bereaksi dengan marah pekan lalu ketika Washington memveto permintaan Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB, dan mengatakan bahwa PA akan mempertimbangkan kembali hubungan bilateral dengan Amerika Serikat setelah keputusan tersebut.

Otoritas Palestina sedang bergulat dengan krisis keuangan parah yang menyebabkan sebagian besar pegawai sektor publik hanya menerima sebagian dari gaji normal mereka selama dua tahun terakhir.

Krisis ini semakin memburuk sejak dimulainya perang di Gaza ketika Israel memotong sebagian pendapatan pajak yang dikumpulkannya atas nama Otoritas Palestina, dan menuduh Otoritas Palestina mendukung Hamas.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)