alexametrics

Lagi, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Menuai Kritik

loading...
Lagi, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Menuai Kritik
Diskusi mengenai Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Jakarta, Senin (24/12/2018). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Proyek kereta cepat Jakarta dan Bandung masih terus menjadi polemik bagi sebagian masyarakat. Proyek tersebut dinilai tidak mendesak untuk dilakukan dan bahkan dituding menguntungkan sejumlah pihak saja.

Ahli Manajemen dan Evaluasi Industri Sri Bintang Pamungkas menilai proyek ini hanya permainan investasi beberapa oknum. Proyek ini menurutnya bukanlah infrastruktur yang mendesak untuk dibangun.

"Ini enggak dibutuhkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, lalu kenapa harus Pulau Jawa lagi. Ini permainan investasi dan cari uang saja," ujar Sri Bintang di Jakarta, Senin (24/12/2018).



Dia berpendapat, proyek kereta seharusnya dilakukan di luar Jawa untuk mendukung pembangunan. Beberapa daerah, kata dia, masih sangat kekurangan infrastruktur transportasi.

"Coba kita lihat, di Jawa lagi Jawa lagi. Kalau mau bangun di daerah yang susah infrastrukturnya, ya kayak di Papua dan Sulawesi, pembangunan infrastrukturnya memang perlu dilakukan," katanya.

Sebagaimana informasi, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah sejak 2015 lalu mencanangkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Megaproyek ini merupakan salah satu proyek besar yang digarap pemerintahan Jokowi-JK.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga saat ini masih terus berjalan. Tidak ada permasalahan apapun dalam proyek tersebut, dan saat ini pembebasan tanah sudah sekitar 80%.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak