alexametrics

Mengenal Mukesh Ambani

loading...
Mengenal Mukesh Ambani
Mengenal Mukesh Ambani. (Istimewa).
A+ A-
MUMBAI - AYAH Isha Ambani ini sempat menggeser kedudukan Jack Ma pada Juli silam sebagai pria terkaya di Asia, dikutip Bloomberg.

Namun, siapa sebenarnya Mukesh Ambani? Pria 61 tahun ini adalah CEO Reliance, sebuah perusahaan asal India yang bergerak di sektor energi. Fokus utama Reliance Industries adalah industri pertambangan minyak dan gas, di samping telekomunikasi.

Kekayaan Mukesh naik menjadi Rp638 triliun menurut Bloomberg Billionaires Index. Kekayaannya bersumber dari Reliance Industries yang merupakan perusahaan India terbesar kedua dengan kapitalisasi pasar lebih dari miliaran dolar.



Bersama keluarganya, dia mengontrol perusahaan lebih dari 43%. Dia juga mendapat dividen, gaji, belum lagi honor sebagai direktur perusahaan itu, termasuk kepemilikan saham pada Reliance Industrial Infrastructure yang memiliki beberapa investasi pribadi, khususnya saluran pipa gas.

Mukesh melanjutkan bisnis yang diwariskan sang ayah, Dhirubhai Ambani. Dhirubhai memulai kariernya dari bawah sebagai pegawai toko sebelum berdagang bumbu dan benang tenun.

Dia lalu mendirikan Reliance Industries, perusahaan manufaktur dan tekstil. Mukesh lahir 10 tahun setelah kemerdekaan India dari Inggris pada 1947. Dia mengambil studi Teknik Kimia sebelum akhirnya bergabung dengan direksi Reliance saat usianya 20 tahun bersama adiknya, Anil.

Mukesh Ambani terkenal dengan reputasinya mengeksekusi proyek berskala besar dan perannya yang krusial dalam mengubah perusahaan menjadi pemain di bidang petrokimia pada 1990-an, menyusul telkom dan ritel pada 2000.

Dia bertanggung jawab atas proyek di Patalganga, diikuti kompleks kilang minyak terbesar di dunia yang berlokasi di Jamnagar, pesisir barat India. Mukesh amat diandalkan sang ayah.

Ayahnya memintanya mengurus kerajaan bisnisnya, padahal Mukesh masih menimba ilmu di Universitas Stanford mengejar gelar MBA-nya. Reliance menjalani perjalanan yang cukup stabil, malah semakin kokoh di tangan Mukesh sepeninggal ayahnya hingga kini.

Dua dari anaknya, Isha dan Akash Ambani, telah memegang kendali bisnis keluarga. Keduanya mengambil peran eksekutif pada bisnis telkom. Sementara si bungsu, Anant, juga sudah diberi tanggung jawab memimpin beragam pertemuan dan acara perusahaan.

Mukesh amat menyukai masakan India. Di sela-sela kesibukannya, dia hobi menonton film Bollywood. Sebagai orang India, kriket adalah olahraga yang dia senangi.

Mukesh pemilik tim kriket profesional Mumbai. Dia juga senang kuliner. Mukesh merupakan salah satu pengunjung setia Mysore Cafe, sebuah kafe yang populer di Mumbai. (Sri Noviarni)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak