alexametrics

Terdampak Tsunami, Penyeberangan Lampung ke Jakarta Menurun

loading...
Terdampak Tsunami, Penyeberangan Lampung ke Jakarta Menurun
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, terjadinya penurunan jumlah penumpang saat libur Natal di penyeberangan Merak dan Bakauheni pascatsunami Banten. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, terjadinya penurunan jumlah penumpang saat libur Natal di penyeberangan Merak dan Bakauheni. Dirjen Hubungan Darat Kemenjub Budi Setiadi mengatakan, bahwa masyarakat yang ingin menyebrang masih takut adanya terjadinya tsunami susulan yang disebabkan erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Angkutan lebaran penyeberangan dari Lampung ke Jakarta ada penurunan karena terdampak oleh Tsunami yang terjadi di Banten. Pasalnya banyak masyarakat yang masih takut dan enggan untuk menyeberang," ujar Budi Setiadi di Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Kendati demikian, pihaknya pun terus menginformasikan mengenai keadaan cuaca di pelabuhan Merak. Hal itu dalam upaya memberikan rasa aman bagi masyarakat yang ingin melakukan penyeberangan. "Tapi kita selalu update perkembangannya dan kondisi cuasa, jadi masyarakat bisa percaya lagi dan melakukan penyeberangan," paparnya.



Sebagai informasi, Kemenhub memastikan bahwa sarana dan prasarana pelabuhan Banten tidak terdampak oleh bencana tsunami Selat Sunda khususnya yang menerjang wilayah Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan yang terjadi Sabtu (22/12) lalu.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Banten dan Pangkalan Penjagaan Laut dan Panti (PLP) kelas I Tanjung Priok disiapsiagakan untuk memantau dan memberikan bantuan kepada para korban musibah bencana Tsunami di pesisir pantai di Selat Sunda.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak