Tiga Bulan Jelang Beroperasi, MRT Jakarta Fase I Tinggal 2%

Kamis, 27 Desember 2018 - 16:22 WIB
Tiga Bulan Jelang Beroperasi, MRT Jakarta Fase I Tinggal 2%
Tiga Bulan Jelang Beroperasi, MRT Jakarta Fase I Tinggal 2%
A A A
JAKARTA - Menjelang tutup tahun, Pembangunan proyek kereta Mass Rapid Transit (MRT) fase I yang menghubungkan Lebak Bulus hingga Bunderan HI terus menunjukan progres yang meningkat. Tiga bulan menjelang pengoperasiannya, pengerjaan proyek kereta MRT Jakarta sudah mencapai 98,10%. Adapun rinciannya yakni sebesar 97,80% merupakan progres untuk elevated dan depo dan 98,41% merupakan progres kosntruksi di bawah tanah atau underground.

Direktur Utama MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan, saat ini pengerjaan sudah dalam tahap finishing. Seperti pengerjaan penyelesaian pintu-pintu masuk stasiun hingga pengerjaan interior stasiun agar terlihat lebih cantik. "Progres konstruksi 98,10%. Harapan kita nanti di Maret akan mencapai 100%," ujarnya dalam aca konferensi pers di Metro Cofee, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Lebih lanjut Ia mengungkapkan penyelesain pengerjaan konstruksi, juga tengah fokus untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana operasional. Salah satu yang tengah dijalani saat ini adalah bagiamana uji coba sistem terhadap kereta MRT Jakarta.

Diharapkan satu bulan menjelang pengoperasian atau tepatnya pada Februari 2019 akan dilakukan ujicoba full train run. Ujicoba ini akan dilakukan secara terus menerus hingga pengoperasinya pada pertengahan Maret 2019.

Ujicoba Train Run sendiri merupakan ujicoba dimana kereta akan dioperasikan seperti telah beroperasi sepenuhnya. Artinya dari setiap hari, kereta MRT akan bolak-balik secara terus menerus sesuai jam keberangkatan kereta yang sudah tersedia di Stasiun. "Train run akan dilakukan 3 bulan sampai dengan bulan Februari. Dan pada Februari akan full sampai maret dan transportasinya akan di mulai," jelasnya.

Kemudian mengenai kereta, saat ini sudah datang seluruhn dan ada di depo Lebak Bulus. Lengkapnya kereta MRT menyusul 3 kereta lagi yang didatangkan pada bulan ini. "Keretanya sudah lengkap semuanya," ucapnya.

Sebagai informasi, kereta MRT Jakarta yang akan beroperasi pada Maret 2019 mendatang merupakan jalur Lebak Bulus - Bunderan Hotel Indonesia (HI). MRT Jakarta tahap satu ini nantinya akan melewati 13 stasiun, antara lain Stasiun Lebak Bulus, Stasiun Fatmawati, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Blok A, hingga Stasiun Blok M.

Selanjutnya, perjalanan berlanjut hingga Stasiun Sisingamangaraja, Stasiun Senayan, Stasiun Istora, Stasiun Bendungan Hilir, Stasiun Setiabudi, Stasiun Dukuh Atas dan yang terakhir Stasiun Bunderan HI.

Perjalanan menggunakan MRT dari Stasiun Lebak Bulus hingga Stasiun Bunderan HI diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Waktu tempuh yang lebih cepat serta kenyamanan dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3955 seconds (0.1#10.140)