alexametrics

IHSG Diprediksi Tembus Level 7.000, Analis Sebut Terlalu Optimistis

loading...
IHSG Diprediksi Tembus Level 7.000, Analis Sebut Terlalu Optimistis
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bisa tembus menyentuh level tertinggi 7.000 di 2019. Namun, perkiraan ini menurut analis dinilai terlalu pede. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bisa tembus menyentuh level tertinggi 7.000 di 2019. Namun, perkiraan ini menurut Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada dikatakan terlalu optimistis.

Sambung dia menerangkan, kondisi tahun depan dengan asumsi adanya pertumbuhan moderat 5% hingga 9%. Maka menurutnya IHSG pun dimungkinkan akan mencapai level 6.500 hingga 6.700, meski tidak menutup kemungkinan bisa saja meraih level 7.000.

"Mungkin iya, mungkin tidak. Hal itu akan kembali lagi ke berbagai sentimen yang akan muncul di tahun depan," ujar Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada di Jakarta, belum lama ini.



Sebagai catatan, Reza menjelaskan, setiap kali level IHSG selalu ditargetkan terlalu optimis, belum tentu mencapai target. Karena itu, tetap menyesuaikan dengan sentimen yang ada. "Semoga tahun depan bisa lebih baik dari tahun ini dan membawa kebaikan tidak hanya bagi pasar, namun juga bagi portofolio kita semua," harapnya.

Reza menambahkan, IHSG seharusnya bisa sampai posisi 6.400 di 2018. Namun, tidak begitu kenyataannya karena tekanan aksi jual yang masih ada. Investor asing masih melakukan aksi jualnya, meskipun terjadinya nett sell tersebut secara total.

"Jika dicermati per individual saham, maka akan terlihat adanya nett buy. Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian pelaku pasar secara detil dan jangan hanya melihat secara total karena investor asing juga mencari kesempatan untuk optimalisasi portofolionya," pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak