Bahlil Blak-blakan Belum Ada Rencana Apple Investasi di Indonesia

Senin, 29 April 2024 - 20:08 WIB
loading...
Bahlil Blak-blakan Belum Ada Rencana Apple Investasi di Indonesia
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan belum ada rencana investasi Apple di Indonesia. Sampai saat ini tidak ada pengajuan izin usaha apapun ke Kementerian Investasi/BKPM.

"Jujur sampai sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami, mungkin komitmen sudah disampaikan ke presiden, tapi tindak lanjutnya belum, biasanya ini Menkominfo," ujar Bahlil dalam konferensi pers di kantornya, Senin (29/4/2024).



Dia mengatakan Apple mungkin saja hanya sekedar menyampaikan minat untuk berinvestasi ke RI. Sehingga belum dapat di konkretkan seperti bentuk investasi Apple yang disebut-sebut tembus sekitar Rp1,6 triliun ke Indonesia.

Pihaknya mengaku hingga saat ini belum pernah menerima pengajuan atau permohonan dari Apple untuk melaksanakan kegiatan usaha di Indonesia. Misalnya untuk sekedar penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai dokumen penting yang harus dikantongi oleh para pelaku usaha di tanah air.

"Tapi sampai sekarang belum ada permohonan kepada Kementerian Investasi untuk meminta izin atau badan usaha yang mengajukan NIB untuk investasi ini (Apple) masuk," lanjutnya.



Meski demikian, Bahlil berpendapat investasi yang dilakukan Apple masih ditangani oleh Kementerian Teknis lain untuk proses awal sebelum sampai di Kementerian Investasi/BKPM. "Tapi feeling saya karena ini di handle oleh kementerian teknis," tutupnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)