alexametrics

2019: Memenangkan Digital+Leisure Economy

loading...
Moment of Creativity (Cognition).

Moment of Happiness (Emotion).

Moment of Absorption (Action). Berikan connection value dengan menciptakan:

Moment of Expression (Identity).

Moment of Esteem (Recognition).

Moment of Absorption (Meaning).

Going Leisure: ”(Coz) Every Business is Leisure Business”
Di tengah era leisure+digital economy, setiap perusahaan harus bertransformasi untuk tetap relevan. Salah satu strateginya adalah going leisure, yaitu menyuntikkan unsur leisuredalam aktivasi brand. Misalnya Pegadaian yang core business-nya adalah gadai dan emas berinovasi membuka coffee shop”The Gade” untuk merebut hati segmen milenial agar mengenal produk-produk Pegadaian yang dianggap old.

Shell yang notabeneadalah SPBU tak ketinggalan membuka coffee shopdi area pom bensinnya. Hal ini dilakukan semata untuk tetap relevan dengan konsumen milenial. ”At the end, every business is leisure business.” Jika tidak menyuntikkan leisureke dalam brand DNA, maka brandAnda tak akan relevan lagi di mata milenial.

Going Leisure: The Go-Jek Story
Setelah sukses dengan bisnis transportasinya, Go-Jek kini mulai masuk ke industri entertainmentdengan meluncurkan Go-Play. Go-Jek menawarkan layanan konten on-demand semacam Netflix di mana pengguna nantinya bisa menikmati konten video dengan memilih sendiri paket biaya langganan harian, mingguan, atau bulanan.

Setelah mengakuisisi Loket, Go-Jek kian lari kencang membesarkan Go-Tix untuk menangkap pasar tontonan (bioskop, konser musik, pertandingan olahraga, atraksi wisata, seminar/conference) yang tumbuh eksponensial di Tanah Air.

Go-Jek juga memperluas bisnisnya di industri hiburan dengan membentuk unit khusus Go-Studio, di mana mereka mendanai beberapa produksi film, misalnya Kulari ke Pantai dan Keluarga Cemara.

”Sekian lama berada di bisnis digital, sulit bagi Go-Jek untuk membangun emotional connection dengan konsumen karena industrinya bersifat komoditas; tapi dengan masuk di bisnis leisurekami menjadi dekat dengan konsumen dan tercipta human connection dengan mereka,” ujar VP Marketing Loket (Go-Tix) Ario Adimas. (uraian lengkap bisa diunduh di: bit.ly/newnormal 2019)

YUSWOHADY
Managing Partner Inventure www.yuswohady.com
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak