alexametrics

Stok Aman, Mendag Yakin Harga Beras Bakal Terkendali

loading...
Stok Aman, Mendag Yakin Harga Beras Bakal Terkendali
Stok beras yang mencukupi diyakini akan menjaga harga komoditas pangan utama ini tetap terkendali pada tahun 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meyakini harga beras bakal terkendali dan tidak akan menjadi salah satu penyumbang inflasi di tahun ini. Pasalnya, saat ini stok beras dalam kondisi aman.

Dia mengatakan, stok beras di Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) masih cukup. Kementerian Pertanian juga menyatakan bahwa saat ini stok beras nasional dalam kondisi aman, sehingga dari sisi suplai tersedia dengan baik.

"Dalam menentukan harga sangat tergantung di supply dan demand. Sekarang stok di Bulog masih ada. Masih cukup dan diharapkan sesuai dengan apa yang disampaikan Kementan, bahwa dengan persediaan yang ada dan akan mulai panen, maka dari sisi supply tersedia," katanya di Gedung Kemendag, Jakarta, Senin (7/1/2019).



Selain itu, sambung dia, akses jalan yang baik serta keberadaan tol laut juga mempermudah pendistribusian beras ke seluruh daerah di Indonesia. Hal ini terbukti dengan pasokan yang tersedia hingga akhir tahun lalu.

Politisi Partai Nasdem ini juga meyakini, saat ini sudah tidak ada lagi oknum yang berani menimbun dan mempermainkan harga beras. Sebab, pihaknya selalu menekankan transparansi kepada pengusaha dan pedagang di Indonesia.

"Saya meyakini bahwa enggak ada lagi yang berani bermain-main, pengusaha dan pedagang yang menimbun bahan pokok. Karena kita sudah memulai transparansi itu sudah dua tahun. Jadi kalau supply-nya ada, distribusinya oke, penimbunan tidak berjalan, insya Allah itu (inflasi) akan teratasi," tandasnya.
(fjo)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak