Implementasi Manifest Generasi III Tingkatkan Daya Saing Usaha

Senin, 07 Januari 2019 - 16:21 WIB
Implementasi Manifest Generasi III Tingkatkan Daya Saing Usaha
Implementasi Manifest Generasi III Tingkatkan Daya Saing Usaha
A A A
JAKARTA - Implementasi sistem manifest generasi III oleh Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) disambut baik kalangan pengusaha. Sistem baru ini diyakini akan meningkatkan daya saing dunia usaha Indonesia.

Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaya Kamdani menyebutkan, sistem ini akan meningkatkan daya saing Indonesia terutama di bidang logistik yang selama ini tertinggal.

"Masalah utama di Indonesia selalu competitiveness. Semoga ke depan ini bisa membantu. Harapannya ini bisa dieksekusi dengan baik di lapangan," ujar Shinta di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Suryadi Sasmita juga mengutarakan apresiasinya atas implementasi manifest generasi III. Menurut dia, hal ini merupakan kado besar yang awal tahun yang diberikan Ditjen Bea dan Cukai kepada para pengusaha.

"Ini 2019 adalah hadiah yang paling besar. Inilah yang mungkin karena Apindo paling cerewet sebelumnya. Tetapi tahun ini saya acungi dua jempol, pokoknya ini sistem yang menguntungkan," tegasnya.

Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi sebelumnya mengatakan, manifest generasi III merupakan versi paling mutakhir yang mengedepankan prinsip otomasi dan simplifikasi sejalan dengan agenda program Reformasi Kepabeanan dan Cukai dalam rangka membangun smart customs and exercise system untuk menciptakan proses bisnis yang mudah, murah, cepat, transparan, efektif dan efisien.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4473 seconds (0.1#10.140)