alexametrics

Menkeu Akan Hitung Dampak Penguatan Rupiah Terhadap Ekonomi

loading...
Menkeu Akan Hitung Dampak Penguatan Rupiah Terhadap Ekonomi
Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengkaji dampak penguatan rupiah terhadap perekonomian secara keseluruhan. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Nilai tukar rupiah masih terus menunjukkan kecenderungan menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Kurs rupiah bahkan sempat menguat menembus level Rp13.000-an/USD.

Terkait dengan itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengakui bahwa perkembangan itu tentu memiliki dampak tertentu. Pemerintah diketahui mematok asumsi nilai tukar rupiah terhadap USD di APBN sebesar Rp15.000.

"Jadi semua kami simak dan terus kalkulasi dampaknya terhadap keseluruhan perekonomian kita," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (8/1/2019).



Pemerintah, kata diam, juga akan terus melihat dinamika global maupun domestik yang dapat mempengaruhi APBN. Pemerintah juga akan mencermati dampak penguatan kurs tersebut terhadap sektor industri dan lainnya, termasuk yang bergantung pada sumber daya alam (SDA).

"Ya nanti kita lihat dinamika keseluruhan faktor ekonomi, karena pengaruhnya enggak single dan dilihat dari sisi dinamika terhadap masyarakat, perekonomian dan industri manufaktur serta sektor-sektor yang tergantung pada SDA," ujarnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak