alexametrics

Bank Dunia: Pertumbuhan Global Akan Melambat di 2019

loading...
Bank Dunia: Pertumbuhan Global Akan Melambat di 2019
Bank Dunia memprediksi laju pertumbuhan ekonomi global tahun ini akan melambat. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan melambat menjadi 2,9% pada tahun ini dibandingkan dengan 3% di 2018. Pelambatan itu dikaitkan dengan meningkatnya ketegangan perdagangan serta moderasi perdagangan internasional.

"Pada awal tahun 2018 ekonomi global menggeliat di semua sisi, tetapi kemudian kehilangan kecepatan selama tahun ini dan itu bisa semakin memburuk di tahun mendatang," kata Kepala Eksekutif Bank Dunia Kristalina Georgieva dalam laporan semi-tahunan mengenai Prospek Ekonomi Global seperti dikutip Reuters, Rabu (9/1/2019).

Laporan Bank Dunia tersebut muncul saat Amerika Serikat (AS) dan China terlibat dalam perseteruan perdagangan yang sengit, yang telah menyentak pasar keuangan di seluruh dunia selama berbulan-bulan. Kedua raksasa ekonomi dunia itu saling menerapkan tarif pada barang-barang ekspor satu sama lain. Meskipun, saat ini ada tanda-tanda kemajuan negosiasi antara kedua negara beberapa hari terakhir.



Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan di Amerika Serikat akan melambat menjadi 2,5% tahun ini dari 2,9% pada 2018, sementara China diperkirakan tumbuh 6,2% pada tahun ini dibandingkan dengan 6,5% pada 2018.

Dalam laporan itu, Bank Dunia juga memprediksi ekonomi negara-negara berkembang akan tumbuh 4,2% tahun ini. Sementara ekonomi negara-negara maju diperkirakan tumbuh sebesar 2%.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak