alexametrics

Bulog Terus Lakukan Stabilisasi Harga Pangan di 2019

loading...
Bulog Terus Lakukan Stabilisasi Harga Pangan di 2019
Bulog akan terus melakukan operasi pasar guna menstabilkan harga beras medium di awal tahun ini. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Perusahaan Umum (Perum) Bulog akan terus meluncurkan kegiatan operasi pasar di tahun 2019 secara massif dalam rangka menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium.

Kali ini, kegiatan tersebut digelar di Komplek Pergudangan Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten.
Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan operasi pasar ini merupakan lanjutan dari kunjungan Presiden Joko Widodo di Pasar Ngemplak Tulungagung. Hal ini dilakukan agar mampu meredam gejolak harga beras dan efektif menekan inflasi.

"Sesuai instruksi Presiden, Perum Bulog terus melaksanakan kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di pasar-pasar strategis dan pasar yang berpotensi mengalami kenaikan harga, sebagai antisipasi terjadinya kenaikan harga beras pada awal tahun 2019," ujar Budi Waseso di Jakarta, Kamis (10/1/2019).



Sebelumnya, kegiatan ini telah dilakukan serentak oleh Bulog Divisi Regional seluruh Indonesia pada tanggal 3 Januari 2019 sesuai dengan instruksi Presiden sebagai antisipasi terjadinya kenaikan harga beras pada awal tahun 2019.

Dalam pelaksanaan Kegiatan KPSH ini, Bulog melibatkan banyak pihak dengan pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan ataupun yang membidangi di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota; Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing daerah, dan badan usaha milik daerah (BUMD) pangan maupun pasar.

Khusus untuk daerah DKI Jakarta, Perum Bulog bekerja sama dengan PD Pasar Jaya dan PT Food Station Tjipinang Jaya. Bulog juga telah mengintruksikan seluruh Divre untuk melaksanakan kegiatan KPSH melalui pengecer di pasar tradisional, ritel modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta melalui Distributor.

Bulog juga bekerjasama dengan Satgas Pangan POLRI untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan KPSH beras medium ini guna menghindari penyimpangan di lapangan.

Sesuai dengan keputusan Ratas dengan Presiden tanggal 27 Desember 2018, sehubungan dengan perkembangan harga beras yang mengalami tren kenaikan jelang awal tahun 2019, pemerintah menugaskan Perum Bulog untuk melakukan intervensi pasar secara massif melalui kegiatan OP-CBP selama 3 bulan ke depan dimulai dari bulan Januari 2019.

"Kami sadar, bahwa keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah akan tercipta bila dilakukan secara bersama dengan dukungan seluruh pihak, terutama dari pemerintah daerah, dinas terkait, aparat terkait dan para pelaku pasar," tegasnya.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak