alexametrics

Beli Surat Utang SBR005 Bantu Bangun Negara, Ini Cara Pemesanannya

loading...
Beli Surat Utang SBR005 Bantu Bangun Negara, Ini Cara Pemesanannya
Penawaran Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR005 resmi dibuka hari ini dan dapat dibeli dengan harga terjangkau, ini cara pemesanannya. Foto/SINDO Photo
A+ A-
JAKARTA - Penawaran Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR005 resmi dibuka hari ini, Kamis (10/1/2019) yang merupakan instrumen investasi dari Surat Berharga Negara (SBN). Surat hutang SBR005 akan mulai dipasarkan pada 10 Januari hingga 24 Januari 2019 mendatang.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Loto S Ginting mengutarakan, penerbitan surat utang ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan berbagai proyek infratruktur. Artinya dengan membeli surat utang ini, maka masyarakat Indonesia mendukung dan membantu pemerintah dalam membangun negara.

"Caranya dengan mengeluarkan sumber pembiayaan SBN (surat berharga negara), salah satu jenis SBN untuk pembiayaan pembangunan negara kita adalah obligasi tabungan ritel," ujar Loto di Jakarta, Kamis (10/1/2019).



Bagi mereka yang berminat SBR005 bisa dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 1 juta. Namun demikian, masa penawaran tidak lama, hanya 14 hari atau hingga 24 Januari 2019. Adapun cara pembeliannya yakni pertama calon investor melakukan registrasi melalui sistem elektronik mitra distribusi. Dalam registrasi tersebut investor mengimput data diri, Nomor SID rekening dana nasabah dan rekening surat berharga.

Pemesanan SBR005 bisa dilakukan di 11 mitra distribusi yakni bank yang terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Permata. Ditambah empat perusahaan berbasis teknologi informasi yaitu PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa) dan PT Star Mercato Capitale (Tanamduit), PT Mitrausaha Indonesia Group (Modalku), PT Investree Radhika Jaya (Investree), serta satu sekuritas.

Perusahaan sekuritas yang menjadi midis yakni PT Trimegah Sekuritas Tbk (TRIM). Setelah langkah pertama berhasil, kemudian pembeli melakukan pemesanan SBR005 setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi SBR005.

Selanjutnya bisa dilakukan pembayaran melalui Bank Persepsi (Bank, ATM, mobile banking) dalam batas waktu yang telah ditetapkan dengan menggunakan kode pembayaran yang muncul setelah pemesanan selesai dan atau yang dikirimkan melalui email.

Kemudian pemesanan telah sukses ditandai dengan diterimanya nomor transaksi penerimaan negara (NTPN) serta notifikasi dari mitra distribusi setelah proses setelmen/penerbitan dilakukan. Sebagai informasi, tingkat kupon yang ditawarkan adalah sebesar 8,15% per tahun. Minimum pemesanan Rp1 juta dan maksimal Rp300 miliar dengan tenor jatuh tempo 2 tahun atau 10 Januari 2021.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak