alexametrics

Kinerja Industri Pengolahan di Triwulan I/2019 Akan Terus Ekspansif

loading...
Kinerja Industri Pengolahan di Triwulan I/2019 Akan Terus Ekspansif
BI mencatat, kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan IV-2018 berada pada level ekspansi dan diperkirakan berlanjut hingga triwulan I tahun 2019. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat, kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan IV-2018 berada pada level ekspansi. Hal ini terindikasi dari nilai Prompt Manufacturing Index (PMI) - BI sebesar 51,92% dan hasil SKDU triwulan IV-2018 untuk kegiatan usaha dan investasi sektor Industri Pengolahan.

Angka tersebut diterangkan mengindikasikan adanya peningkatan dengan SBT sebesar 0,32% dan 2,71%. Peningkatan kinerja Industri Pengolahan didorong oleh kenaikan volume produksi sejalan dengan pesanan yang meningkat.

“Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan terjadi pada subsektor Industri Alat Angkut, Mesin dan Peralatannya,” ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Agusman di Jakarta, Kamis (10/1/2019).



Pada triwulan I-2019, kinerja sektor Industri Pengolahan diperakirakan terus ekspansif. Hal ini terindikasi dari PMI-BI yang berada pada fase ekspansi dengan indeks yang meningkat menjadi sebesar 54,75%.

Peningkatan ini terutama didorong oleh kenaikan volume produksi. Sejalan dengan ekspansi PMI-BI, SBT kegiatan usaha sektor Industri Pengolahan triwulan I-2019 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan SBT triwulan sebelumnya. Berdasarkan rincian subsektor, ekspansi kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan pada subsektor Industri Makanan, Minuman dan Tembakau.
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak