alexametrics

Harga Minyak Naik 1% Karena OPEC dan Rusia Terus Kurangi Pasokan

loading...
Harga Minyak Naik 1% Karena OPEC dan Rusia Terus Kurangi Pasokan
Harga minyak menguat karena OPEC dan Rusia terus memotong pasokan. Foto/Reuters
A+ A-
SINGAPURA - Harga minyak mentah meningkat 1% pada Selasa (15/1/2019), disebabkan pengurangan pasokan yang dipimpin oleh Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan Rusia. Mereka bersikukuh mengembalikan harga meski ada kekhawatiran perlambatan ekonomi global akan menyurutkan permintaan pasar minyak.

Mengutip dari Reuters, harga minyak mentah berjangka Brent International naik 65 sen alias 1,1% menjadi USD59,64 per barel pada pukul 02:57 GMT. Harga minyak mentah berjangka Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI) naik 58 sen atau 1,2% ke level USD51,09 per barel.

"Dampak pemotongan pasokan minyak oleh OPEC dan Rusia, termasuk sanksi Iran akan membantu mendukung harga minyak dari level saat ini," tulis JP Morgan.



Seperti diketahui, OPEC dan sekutunya, Rusia, pada akhir 2018, sepakat untuk memotong pasokan minyak demi menyeimbangkan kelebihan global dan menaikkan kembali harga.

Dan sanksi ekspor minyak Iran yang dilakukan AS pada November lalu, membuat ekspor minyak Negeri Mullah terjun tajam. Meski Washington memberi kelonggaran, namun data dari HSBC menyebutkan ekspor minyak Iran turun menjadi 1,3 juta barel per hari di 2019. Sebelumnya, ekspor minyak Iran mencapai 1,72 juta barel per hari.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak