alexametrics

Wall Street Perluas Tren Penguatan di Tengah Optimisme Perdagangan

loading...
Wall Street Perluas Tren Penguatan di Tengah Optimisme Perdagangan
Bursa saham Amerika Serikat alias Wall Street tercatat menguat pada perdagangan, Jumat kemarin waktu setempat untuk mencetak kenaikan selama empat pekan beruntun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Bursa saham Amerika Serikat alias Wall Street tercatat menguat pada perdagangan, Jumat kemarin waktu setempat untuk mencetak kenaikan selama empat pekan beruntun. Hal ini seiring dengan mencuatnya optimisme serta harapan terhadap pertemuan Amerika Serikat (AS) dan China dalam upaya menyelesaikan konflik perdagangan serta mengangkat saham di semua sektor.

Seperti dilansir Reuters, pasar saham mendapatkan dorongan setelah laporan Bloomberg mengatakan China bertekad untuk mendongkrak impor barang tahunan dari Amerika Serikat dengan nilai gabungan lebih dari USD1 triliun. Langkah tersebut sekaligus bakal mengurangi surplus perdagangan menjadi nol pada tahun 2024.

Selain itu sebelumnya Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sedangkan mempertimbangkan untuk mengangkat sebagian atau bahkan menghapus semua tarif yang dikenakan terhadap Beijing. Namun seorang juru bicara Departemen Keuangan membantah Mnuchin telah membuat rekomendasi semacam itu.



Reli yang kuat di bulan Januari telah menempatkan indeks acuan S&P 500 dalam jalur meraih keuntungan bulanan terbaik sejak Maret 2016. Indeks S&P 500 sekarang 8,9% di bawah rekor penutupan 20 September setelah turun 19,8%.

Dow Jones Industrial Average tarpantau naik lebih tinggi hingga mencapai 336,25 poin atau setara dengan 1,38% menjadi 24.706,35 untuk mengikuti lompatan indeks S&P 500 sebesar 34,75 poin atau 1,32% ke level 2.670,71. Selanjutnya tren positif juga diperlihatkan komposit Nasdaq usai mendapatkan tambahan 72,77 poin atau 1,03% menuju posisi 7.157,23.

Sepanjang pekan ini, Dow Jones naik 2,96% serta S&P 500 meningkat 2,87% sedangkan Nasdaq bertambah 2,66%. Ketiga indeks mencatat kenaikan dengan persentase terbesar dalam empat minggu sejak Oktober 2011. Pasar saham AS akan ditutup pada hari Senin karena libur nasional Martin Luther King Jr.

Saham industri melonjak 1,9% untuk menjadi terbesar kedua di antara sektor utama S&P 500, sedangkan indeks semikonduktor Philadelphia SE .SOX naik 2,3%. Kedua kelompok saham ini peka terhadap perkembangan perdagangan. Di sisi lain saham teknologi juga memberikan dorongan terbesar ke S&P 500 usai naik 1,5%.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak